Jatim Times Network Logo
×

This is a floating div.

Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Secara Konsisten Tim Pengabdian Masyarakat ABM Beri Pendampingan UMKM Kampoeng Kajoetangan Heritage

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

19 - Nov - 2023, 13:21

Placeholder
Penyampaian materi pada kegiatan pendampingan UMKM Kajoetangan Heritage.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu fungsi yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi (PT). Hal itu pula yang secara konsisten dilakukan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malang Kucecwara. 

Terbaru, Tim Pengabdian STIE Malangkucecwara melakukan pendampingan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kampoeng Kajoetangan Heritage. 

Baca Juga : Paduan Suara Anti Bullying SMPN 4 Kepanjen Meriahkan Pameran Karya Inovasi Guru dan Siswa

Tak main-main, pada pendampingan tersebut menghadirkan praktisi  sekaligus alumnus ABM yakni Heru Nurwahyudin SE selaku Founder Superheru Edupreneur dan Snack Factory Malang Indonesia. 

Heru mengatakan, salah satu komponen penting dalam pemasaran produk UMKM adalah branding. Tentu dibutuhkan branding yang menarik. Sebab dengan branding yang menarik, akan membuat masyarakat mudah mengingat produk kita dan membentuk kesan baik di masyarakat. 

“Branding yang kuat dapat membentuk dan menjamin kualitas, memberi keyakinan pada masyarakat terhadap produk, dan orang akan lebih mudah ingat dengan produk kita,” ujar Heru.

Selain itu menurut Heru, untuk membuat branding yang kuat, ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM. Terutama dalam mengetahui seputar product knowledge. Seperti target pasar, fokus brand, menentukan nama bisnis hingga slogan dan gaya sebuah produk atau brand. 

“Mulai warna, model tulisan, dan lain-lain, apalagi membawa  nama Kayutangan Heritage yang sudah internasional,” imbuh Heru.

Sementara itu, Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat ABM, Dr Setyawan menjelaskan, pendampingan pada UMKM Kampoeng Kajoetangan Heritage ini konsisten dilaksanakan sejak 2019 lalu. Tentu dalam rentang waktu tersebut telah banyak materi yang diberikan 

Baca Juga : Gelar Aksi Tanam Pohon di D'Capin Nglurup Tulungagung, Ini Tujuannya

Termasuk pada kesempatan pendampingan yang digelar belum lama ini. Dimana ada penekanan pada tiga hal unsur pemasaran. Yakni branding, packaging dan display. Kegiatan ini diikuti sekitar 25 pelaku UMKM Kajoetangan Herutage. 

“Kali ini beberapa materi yang kita berikan terkait upaya marketing ada tiga, yakni branding, packaging dan display. Tiga hal yang meruapkan basic untuk memasakan produk UMKM Kayutangan,” jelas Setyawan. 

Tujuannya, agar pelaku UMKM mengetahui bagaimana elemen penting dalam pemasaran produk, terlebih sharing ini dilakukan bersama praktisi. Sehingga nantinya, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk.

“Harapan kami mereka bisa memasarkan produk-produk mereka, terutama yang kaitannya dengan memasarkan branding ke supplier.  Untuk itu, tentu perlu pendampingan dan mami siap membantu untuk pemasaran yang berkelanjutan,” pungkas Setyawan.


Topik

Pendidikan stie malangkucecwara kampus abm kampoeng kajoetangan heritage



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Nganjuk Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana