09/12/2022 Bocah Piatu Tertimpa Tembok di Malang Dapat Uluran Bantuan Rumah Sedekah NU | Nganjuk TIMES

Bocah Piatu Tertimpa Tembok di Malang Dapat Uluran Bantuan Rumah Sedekah NU

Sep 20, 2022 19:48
Ketua Harian Rumah Sedekah NU Agus Susanto bersama tim dan Relawan Anak Bangsa memberikan bantuan kepada Abdi, bocah piatu yang tertimpa tembok setahun lalu, Selasa (20/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Ketua Harian Rumah Sedekah NU Agus Susanto bersama tim dan Relawan Anak Bangsa memberikan bantuan kepada Abdi, bocah piatu yang tertimpa tembok setahun lalu, Selasa (20/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: Nurlayla Ratri

JATIMTIMES - Rumah Sedekah Nahdlatul Ulama (NU) yang diinisiasi KH Noor Shodiq Askandar bersama mitra kembali menunjukkan kepeduliannya kepada seorang anak bernama Abdi, warga Kota Malang. 

Bocah 12 tahun itu kedua kakinya belum bisa berfungsi normal akibat tertimpa tembok yang roboh di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang I, Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Minggu (14/11/2021) lalu. 

Baca Juga : Peduli Warga Kurang Mampu, Jajaran Polres Ngawi Bagikan Paket Sayur Mayur

Hampir satu tahun berjalan, kondisi Abdi tak kunjung membaik karena keterbatasan biaya untuk berobat ataupun cek kesehatan. Saat ini Abdi dirawat oleh ayah, nenek dan tantenya di sebuah rumah yang berada di Jalan Mawar Gang 4, Kelurahan Lowokwaru, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. 

Pasalnya sang ibu bernama Anita (39) telah meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif selama kurang lebih 1,5 bulan akibat tertimpa runtuhan tembok yang roboh. Tepatnya pada hari Kamis (30/12/2021) sekitar pukul 08.00 WIB, Anita meninggal dunia dan dimakamkan di TPU Samaan. 

Ketua Harian Rumah Sedekah NU Agus Susanto mengatakan, pihaknya mengaku prihatin dan kasihan melihat kondisi Abdi yang kedua kakinya tampak di perban dan dipasang pen karena luka yang dialami cukup parah pada saat kejadian. 

Penyerahan bantuan.

Berdasarkan informasi yang diterima, Abdi selama sembilan bulan sebelum dibawa ke dokter tidak pernah mendapatkan perawatan untuk pengecekan kondisi luka pada kedua kakinya. Sehingga, harus mendapatkan perawatan karena luka pada kakinya terjadi infeksi. 

"Tim Rumah Sedekah NU memberikan bantuan tenaga medis untuk datang ke rumah adik Abdi secara berkala dua hari sekali untuk merawat lukanya agar tidak terjadi infeksi," ungkap Agus kepada JatimTIMES.com, Selasa (20/9/2022). 

Selain itu, Rumah Sedekah NU yang didampingi Relawan Anak Bangsa juga memberikan beberapa bantuan kebutuhan untuk Abdi dan juga keluarga yang merawat Abdi selama ini. Yakni ada tiga paket sembako, uang tunai Rp 5 juta, alat tulis perlengkapan sekolah, hingga peralatan medis untuk merawat luka pada kedua kaki Abdi. 

"Ini sumbangan dari mitra dan anggota kami, semoga bisa memberikan semangat untuk adik Abdi agar bisa sembuh seperti sediakala," ujar Agus. 

Peninjauan.

Menurutnya, alasan Rumah Sedekah NU lebih sering untuk turun langsung ke lokasi orang-orang yang membutuhkan untuk membangun empati dan semangat kepedulian sesama makhluk ciptaan Tuhan. 

Baca Juga : Panser Anoa TNI AD Pukau Masyarakat Merakurak Tuban

Selain itu, dengan kedatangan tim Rumah Sedekah NU, Agus berharap agar beban psikologis yang dirasakan Abdi juga semakin berkurang dan keluarga dari Abdi juga dapat dengan sabar serta ikhlas dalam merawat Abdi. 

Karena pastinya, Abdi yang masih berusia 12 tahun merasakan traumatik yang luar biasa atas peristiwa runtuhan tembok yang roboh menimpa dirinya, ibunya beserta adiknya bernama Albar tahun lalu. 

"Kita berikan bantuan walaupun tidak seberapa ini merupakan bagian dari ikhtiar Rumah Sedekah NU untuk memberikan semangat dan berbagi dengan keluarga korban dan saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga ini bisa menginspirasi," tandas Agus. 

Sementara itu, nenek dari Abdi yakni Yetta mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang telah disalurkan secara langsung ke kediamannya di Jalan Mawar Gang 4, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, oleh Rumah Sedekah NU didampingi Relawan Anak Bangsa.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan Rumah Sedekah NU untuk kebutuhan cucu saya. Saya sangat berterima kasih," singkat Yetta sambil menangis. 

Judul berita Bocah Piatu Tertimpa Tembok di Malang Dapat Uluran Bantuan Rumah Sedekah NU.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Rumah Sedekah NU Kota Malang

Berita Lainnya