Dokter Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengetahui Jantung Sehat atau Tidak, Tinggal Lihat Giginya | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dokter Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengetahui Jantung Sehat atau Tidak, Tinggal Lihat Giginya

Aug 17, 2022 07:27
dr. Zaidul Akbar
dr. Zaidul Akbar

JATIMTIMES - Saat ini penyakit berat seperti kanker dan jantung sudah menjadi langganan bagi sebagian orang.

Pendakwah sekaligus pakar kesehatan dr. Zaidul Akbar mengatakan bahwa penyakit kanker dan jantung bisa dicegah jika mau.

Baca Juga : Hemat Budget Nikah, Yuk Berburu Doorprize di The Wedding Expo Millenial Jatim Times 2022

Lebih jelas, dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa salah satu tanda penyakit bisa dilihat dari karang gigi yang dimiliki.

"Guru saya waktu saya pernah belajar tentang kesehatan islam di Malaysia, dia bilang kalau kamu mau lihat sehatnya jantung seseorang, tinggal kamu lihat karang giginya. Jadi kalau karang giginya banyak kemungkinan jantungnya banyak masalah dia bilang," kata dr. Zaidul Akbar.

Karang gigi sendiri menandakan asam. Semakin banyak karang gigi yang dimiliki maka menandakan tubuhnya terlalu asam.

Selain itu, dr. Zaidul Akbar juga menjelaskan bahwa cara mengetahui jantung sehat atau tidak bisa dilihat dari pola tidurnya. Jika pola tidurnya tidak baik maka ada masalah pada jantungnya.

Selain pola tidur, bisa dilihat pula pada saat buang air besar. Jika sulit maka ada yang tidak beres dengan jantungnya.

Jantung sendiri bisa diperbaiki, caranya dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Salah satunya adalah makanan yang mengandung minyak. 

Minyak sendiri ada beberapa jenis, ada namanya minyak atau asam minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh dan minyak yang mengandung asam lemak jenuh.

Baca Juga : Semen Indonesia Resmikan TPQ dan Masjid Manba’ul Ulum Gresik

Dan yang paling berbahaya adalah minyak yang sudah mengalami oksidasi tinggi yakni minyak yang sudah berwarna hitam. Nah minyak seperti ini biasanya sering kita jumpai di warung makan.

Nah minyak seperti ini yang sangat berbahaya bagi tubuh. Minyak tersebut bisa diganti dengan minyak zaitun atau minyak anggur.

Jadi, jika tubuh sedang lemas jangan mengonsumi minyak karena akan menunda kesegaran pada tubuh. Makanlah karbohidrat yang manis seperti kurma.

Jika konsumsi minyak-minyak sehat di atas secara rutin maka jantung akan sehat.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah masih mau membeli makanan yang digoreng di minyak yang sudah berwarna hitam? Yuk perlahan mengubah pola makan menjadi pola makan yang lebih sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dr zaidul akbar Tips Sehat

Berita Lainnya