Cara Cek Sinyal TV Digital dan Analog Switch Off Tahap 2 | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Cara Cek Sinyal TV Digital dan Analog Switch Off Tahap 2

Aug 16, 2022 13:45
Ilustrasi masyarakat yang mengunakan TV Digital (pixabay)
Ilustrasi masyarakat yang mengunakan TV Digital (pixabay)

JATIMTIMES - 25 Agustus 2022 mendatang, Analog Switch Off (ASO) tahap 2 bakal diterapkan. Proses ASO telah dilakukan sejak 30 April lalu. Kini Kominfo akan mematikan secara keseluruhan pada 2 November 2022. 

"Sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2021 tentang Perubahan atas PM No. 6/2021 tentang Penyelenggaraan Siaran ASO mencakup total 112 Wilayah Layanan (meliputi 341 kabupaten/kota)," ujar Stafsus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang beberapa waktu lalu sesuai dikutip dari laman resmi Kominfo. 

Baca Juga : LKMM FEB Unisma Kupas Perempuan, Kepemimpinan dan Kesetaraan Gender dalam Wujudkan SDGs

Pada tahap ketiga pada 2 November 2022, 25 wilayah layanan di 65 kabupaten-kota di seluruh Indonesia akan diterapkan ASO. Meliputi Riau, Jambi, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah-5, Kalimantan Barat-6, NTB-5, Maluku-2, Sulawesi Tengah-3, dan Papua-9.

Untuk itu, saat ini masyarakat bisa mulai beralih ke siaran TV Digital dan melakukan cek siaran TV digital apa saja yang menjangkau di wilayah.  Bagi yang belum tahu, bagaimana cara melakukan cek terhadap siaran TV Digital yang ada di wilayahnya, bisa mengikuti cara berikut ini.

Pertama, lakukan pengecekan perangkat televisi terlebih dahulu. Di mana, TV digital ini tentunya sudah mendukung DVB-T2. Meskipun TV masih berbentuk TV analog, jangan khawatir. TV analog dapat diubah menjadi TV Digital dengan menambahkan perangkat Set Top Box (STB) dan ditambahkan converter.

Kedua, tahapan selanjutnya dapat mengecek siaran TV Digital apa saja yang menjangkau wilayahnya. Pengecekan ini dapat dilakukan melalui browser dengan mengunjungi lamanhttps://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Pada laman ini, masyarakat dapat melihat jangkauan siaran televisi apa saja yang telah ada di wilayahnya.

Baca Juga : 5 Hewan Super-Langka di Dunia, Ada Yang Ditemukan di Indonesia?

Dan cara ketiga, adalah dengan menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang jauh lebih mudah. Menggunakan aplikasi ini dapat melakukan pengecekan bukan hanya sinyal TV Digital, tapi juga kualitas siaran digital, apakah sinyal bagus, jelek atau bahkan hilang. 

Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store. Sebelum membuka aplikasi, harus terlebih dulu melakukan setting aplikasi dengan mengizinkan untuk akses lokasi pengguna. Indikator warna menjadi penanda sinyal kuat atau lemah. Untuk sinyal kuat dengan warna merah, sedangkan untuk sinyal lemah dengan indikator warna putih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
analog switch off TV digital

Berita Lainnya