Viral, Baca Surat Al-Ikhlas Berkali-kali dalam Satu Rakaat, Gus Samsudin Dinyinyiri Warganet, Begini Kata Ulama | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Viral, Baca Surat Al-Ikhlas Berkali-kali dalam Satu Rakaat, Gus Samsudin Dinyinyiri Warganet, Begini Kata Ulama

Aug 15, 2022 07:53
Potongan video milik akun TikTok @sahab4td4kwah.(foto: istimewa).
Potongan video milik akun TikTok @sahab4td4kwah.(foto: istimewa).

JATIMTIMES - Sebuah video yang menampilkan pemilik Padepokan Nur Dzat Sejati,  Samsudin, tengah ramai dibicarakan netizen. Dialam video tersebut, tampak Samsudin sedang mengimami salat dengan  4 orang sebagai makmum.

Di video yang diunggah oleh akun media sosial TikTok @sahab4td4kwah tersebut, awalnya salat yang dilakukan Samsudin tampak biasa saja. Disebutkan dalam video itu, salat yang dilakukan adalah salat sunah pada malam hari. 

Baca Juga : Bupati Banyuwangi Kukuhkan Anggota Paskibraka Tahun 2022

Di awal video, Samsudin membaca Surat Al-Fatihah seperti umumnya. Selesai membaca Al-Fatihah dan diikuti kalimat “amin” oleh jamaahnya, Samsudin lantas membaca Surat Al-Ikhlas.

Ternyata pembacaan Surat Al-Ikhlas tersebut tidak dilakukan hanya satu kali, melainkan dibaca hingga  25 kali dalam satu rakaat. Selain itu, terdengar bahwa masuk pada pembacaan Surat Al-Ikhlas yang keenam, tempo pembacaan menjadi lebih cepat. 

Di video tersebut juga disebutkan bahwa seiring bertambah cepatnya bacaan Surat Al-Ikhlas dari Samsudin, kalimat dalam surat Al-Ikhlas yang diucapkan juga semakin tidak jelas.

"Simak cara bacaan dalam salat orang yang katanya punya karomah, ilmu hikmah dan doanya bisa menyembuhkan penyakit," itulah kalimat yang disebutkan pemilik akun dalam video yang diunggah. 

Video itu pun mengundang perhatian dari banyak warganet. Bahkan dalam kolom komentar, ada beberapa netizen yang berdebat tentang cara Gus Samsudin membacakan Surat Al-Ikhlas secara berulang-ulang dalam satu rakaat. 

"sejak sy kecil sampai sekarang usia gua udah 45 tahun...baru ini liat atau dengar salat seperti ini..aliran mana lg nih," ujar  @aminkal*****.

"Boleh ko, klo sholat tahajud, baca Al-Ikhlas 10x 30x 40x per rokaat asal bacaanya bener, klo kita GK afal surat lain," kata  @daerycaro****.

Sementara, mengulang bacaan atau surat yang sama pada satu rakaan ternyata juga ada penjelasan yang berbeda dari beberapa ulama. Sepertu yang dijelaskan Syaikh Abdul Aziz Ath-Tharifi yang dikutip dari laman muslim.or.id.

Baca Juga : Benar-Benar Sultan, Inil Besarnya Uang Jajan Anak Artis, Ada Yang Sampai Rp 2,1 Miliar Tiap Bulan

"Mengulang bacaan yang sama pada satu rakaat adalah perbuatan yang menyelisihi sunah. Tidak pernah dilakukan oleh Nabi Shallallahu’alaihi wasallam. Tidak pula oleh salah seorang dari sahabatnya. Dan Al-Qur’an itu tidak turun dengan cara berulang-ulang untuk ayat yang sama. Tidak ada bagian dari Al-Qur’an itu yang sia-sia. Telah diisyaratkan bahwa perbuatan ini menyelisihi sunah oleh Imam Asy- Syathibi dalam Kitab Al-I’tisham” (Sifat Shalat Nabi, 109-110).

Di sisi lain, dilansir dari laman umma.id, disebutkan bahwa membaca satu suraht berkali-kali dalam satu rakaat hukumnya diperbolehkan. Kita tidak dilarang membaca satu surat berkali-kali dalam satu rakaat, baik dalam salat wajib maupun dalam salat sunah. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dari Anas: 

كَانَ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ يَؤُمُّهُمْ فِى مَسْجِدِ قُبَاءٍ وَكَانَ كُلَّمَا افْتَتَحَ سُورَةً يَقْرَأُ بِهَا لَهُمْ فِى الصَّلاَةِ مِمَّا يَقْرَأُ بِهِ افْتَتَحَ بِ ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) حَتَّى يَفْرُغَ مِنْهَا ، ثُمَّ يَقْرَأُ سُورَةً أُخْرَى مَعَهَا ، وَكَانَ يَصْنَعُ ذَلِكَ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ ، فَكَلَّمَهُ أَصْحَابُهُ فَقَالُوا إِنَّكَ تَفْتَتِحُ بِهَذِهِ السُّورَةِ ، ثُمَّ لاَ تَرَى أَنَّهَا تُجْزِئُكَ حَتَّى تَقْرَأَ بِأُخْرَى ، فَإِمَّا أَنْ تَقْرَأَ بِهَا وَإِمَّا أَنْ تَدَعَهَا وَتَقْرَأَ بِأُخْرَى . فَقَالَ مَا أَنَا بِتَارِكِهَا ، إِنْ أَحْبَبْتُمْ أَنْ أَؤُمَّكُمْ بِذَلِكَ فَعَلْتُ ، وَإِنْ كَرِهْتُمْ تَرَكْتُكُمْ . وَكَانُوا يَرَوْنَ أَنَّهُ مِنْ أَفْضَلِهِمْ ، وَكَرِهُوا أَنْ يَؤُمَّهُمْ غَيْرُهُ ، فَلَمَّا أَتَاهُمُ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – أَخْبَرُوهُ الْخَبَرَ فَقَالَ : يَا فُلاَنُ مَا يَمْنَعُكَ أَنْ تَفْعَلَ مَا يَأْمُرُكَ بِهِ أَصْحَابُكَ وَمَا يَحْمِلُكَ عَلَى لُزُومِ هَذِهِ السُّورَةِ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ. فَقَالَ إِنِّى أُحِبُّهَا . فَقَالَ : حُبُّكَ إِيَّاهَا أَدْخَلَكَ الْجَنَّةَ

"Ada seorang laki-laki dari kalangan sahabat Anshar yang menjadi imam di Masjid Quba’. Setiap ia membaca surah selalu didahului dengan membaca Surah Al-Ikhlas sampai selesai. Baru kemudian membaca dengan surah lainnya, dan ia lakukan dalam setiap rakaatnya. Para sahabat yang lain merasa kurang senang dengan hal ini dan mereka protes sambil berkata kepada imam tersebut; ‘Kamu membaca Surah Al-Ikhlas setiap hendak membaca surah yang lain seakan-akan tidak cukup jika tidak didahului dengan Surah Al-Ikhlas ini. Boleh kamu membaca Surah Al-Ikhlas atau tinggalkan dan membaca surah yang lain'.

Kemudian imam tadi menjawab: ‘Saya tidak akan meninggalkan membaca Surah Al-Ikhlas tersebut. Jika kalian suka dengan apa yang saya lakukan, saya akan mengimami kalian. Sebaliknya jika tidak suka, saya tinggalkan kalian’. Para sahabat melihat bahwa imam tersebut adalah orang termulia di antara mereka sehingga mereka tidak suka jika imam diganti dengan orang lain.

Saat mereka bertemu Nabi Muhammad SAW, mereka menceritakan kejadian tersebut. Lalu Nabi SAW bertanya; ‘Apa yang menyebabkan kamu membaca surah ini terus-menerus di setiap rakaat? Ia menjawab; ‘Saya senang dengan Surat Al-Ikhlas. Nabi SAW menjawab; ‘Kesenanganmu pada surah ini memasukkanmu ke dalam surga".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kejadian Viral berita viral

Berita Lainnya