Selangkanganmu Hitam? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Selangkanganmu Hitam? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Aug 05, 2022 11:37
Ilustrasi area genital (istockphoto)
Ilustrasi area genital (istockphoto)

JATIMTIMES - Beberapa orang tentu ada yang mengalami selangkangan yang menghitam. Sebagian mungkin juga heran, selangkangan tetap menghitam meskipun rajin merawat diri. Hal ini tentunya membuat seseorang merasa risih, bahkan membuat seseorang tak percaya diri saat bercinta.

Hal ini ternyata merupakan hal normal, dimana kulit labia, skrotrum dan anus kebanyakan lebih gelap dari pada kulit pada bagian tubuh lainnya. 

Baca Juga : 10 Jenis Pangan Ini Disarankan dr. Zaidul Akbar Jika Ingin Menguatkan Fungsi Otak

Hadley King, dokter kulit yang berbasis di Manhattan, New York, sebagimana dilansir dari Healthline menjelaskan kewajaran tersebut. Penggelapan ini disebut sebagai proses hiperpigmentasi.

"Pada kebanyakan orang pasca-pubertas, kulit di area genital akan lebih gelap dibandingkan area kulit lainnya," jelasnya.

Beberapa hal juga menjadi fakto yang menyebabkan selangkangan menghitam, seperti halnya Hormon. Sel dalam kulit yang disebut melanosit. Sel ini berfungsi untuk membentuk melanin.

Dan pada area genital, sel ini sangatlah sensitif terhadap hormon. Perubahan hormon dari waktu ke waktu menimbulkan perubahan pada kulit daerah genital yang berubah. Ini dialami seseorang selama masa kehamilan  pubertas, atau penuaan secara umum.

Dalam masa-masa tersebut, kadar estrogen mengalami peningkatan dan menghasilkan pigmentasi pada area selangkangan. Penumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan dengan baik, juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan warna kulit menjadi gelap.

Faktor selanjutnya adalah penuaan. Seiring bertambahnya usia seseorang, perubahan warna kulit pada area genital juga terpengaruh, sehingga menjadi menghitam. Hal ini selain perubahan hormon, juga disebabkan kulit yang mengalami trauma berulang dalam kurun waktu yang lama.

Baca Juga : Penyakit Cacar Monyet Termasuk Zoonosis, Dinkes Kota Malang Imbau Masyarakat Jaga PHBS 

Dan penyebab selanjutnya adalah adanya gesekan dan peradangan. Potensi hiperaktif melanosit, terjadi lantaran adanya gesekan pada area genital. 

Gesekan inilah yang kemudian membuat sel memproduksi lebih banyak melanin yang menyebabkan pigmentasi. Untuk itulah, area genital, utamanya daerah lipatan selangkangan warna kulitnya terkadang lebih gelap imbas gesekan yang terjadi, termasuk juga adanya trauma persalinan.

Penyebab lain, juga dapat disebabkan adanya penggunaan obat tertentu. Contohnya pasien kanker yang harus menjalani kemoterapi. Obesitas pun juga menjadi faktor yang mempengaruhi adanya kulit yang menghitam. Adanya obesitas berpotensi membentuk lipatan kulit yang itu akan terjadi gesekan dan menyebabkan kulit menghitam.

Lantas, bagaimana mengatasi selangkangan hitam?. Cara mengatasinya cukuplah mudah. Diolah dari beberapa sumber, terdapat beberapa cara, yakni: mengurangi gesekan pada area selangkangan; menghindari memakai  pakaian yang ketat, utamanya pakaian atau celana dalam; melakukan pelembaban pada areal kulit dan menghindari removal, waxing atau cukur berlebihan pada area genital.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kulit selangkangan selangkangan hitam

Berita Lainnya