Saling Tunjukan Kekompakan? Koalisi Gerindra-PKB Daftar ke KPU 8 Agustus dan KIB 10 Agustus | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Saling Tunjukan Kekompakan? Koalisi Gerindra-PKB Daftar ke KPU 8 Agustus dan KIB 10 Agustus

Aug 03, 2022 10:38
Ilustrasi pemilihan umum (istockphoto)
Ilustrasi pemilihan umum (istockphoto)

JATIMTIMES - Koalisi Gerindra dan PKB akan melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 8 Agustus 2022. Hal ini setelah, KPU RI membuka tahap pendaftaran bagi partai politik yang akan menjadi peserta pada Pemilu 2024. 

"Rencana tanggal 8 Agustus 2022 jam 08.00 WIB bersama Partai Gerindra," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid dikutip dari Detik, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga : Dukung Smart City Kota Malang, Polresta Malang Kota Perkuat Aplilasi Jogo Malang Presisi

Lebih lanjut dijelaskan Jazilul, pendaftaran bersama ini untuk memperlihatkan kepada publik, jika kedua partai ini memiliki kelompok yang bagus dan harmonis. "Kita bikin kompak dan riang gembira," imbuhnya.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad juga membenarkan, jika pihaknya akan melakukan pendaftaran KPU pada Senin 8 Agustus mendatang. 

"[(Pendaftaran) tanggal 8 Agustus," kata dia, Senin (1/8/2022), dikutip dari CNN Indonesia.

Usai pendaftaran di KPU, Gerindra bakal menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada 13 Agustus 2022 di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor. Rapimnas tersebut rencananya juga menjadi menandai peresmian koalisi Gerindra dengan PKB. 

Di sisi lain, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menginformasikan, 
sejumlah partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), PPP, Golkar dan PAN bakal pada tanggal 10 Agustus mendatang. 

Baca Juga : Golkar Calonkan Airlangga Hartarto Jadi Capres, PAN: Semua Ketum di KIB Punya Peluang Sama

Sebelumnya, sempat terdapat perubahan jadwal partai yang mendaftar. Seperti halnya PPP yang semua akan mendaftar Senin (1/8/2022), mengkonfirmasi perubahan jadwal.

"Ada juga partai-partai sudah mengkonfirmasi kehadirannya sesuai dengan yang semula dijadwalkan hari ini dijadwalkan ulang ada beberapa. Misalkan seperti PPP Golkar dan PAN akan mendaftar di hari yang sama yaitu tanggal 10 Agustus 2022 ini,"ujarnya dikutip dari liputan 6.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
koalisi indonesia bersatu pendaftaran parpol

Berita Lainnya