5 Penyesalan Mayat di Alam Kubur, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

5 Penyesalan Mayat di Alam Kubur, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya

Jul 30, 2022 08:56
Ilustrasi (Coffin Birth )
Ilustrasi (Coffin Birth )

JATIMTIMES - Ketika telah meninggal, seseorang pendosa pasti akan mengalami penyesalan yang mendalam. Mendapat siksa Allah yang pedih, membuat mereka begitu merasa sangat merasa bersalah dan ingin hidup kembali di dunia untuk menebus semua dosa-dosa. 

Lalu apa saja penyesalan yang banyak dialami para pendosa di alam kubur?, mari simak informasinya yang diolah dari channel Magenta Islam.

1. Menyesal karena Kikir

Baca Juga : Jangan Berzina, Azab Pedih hingga Diasingkan di Hari Kiamat Telah Dijanjikan Allah

Mereka yang hidup di dunia dengan gelimang harta, tentu memiliki kewajiban untuk sedekah dan menyisihkan sebagian hartanya untuk orang-orang fakir miskin. Namun banyak dari mereka justru tidak pernah menyisihkan hartanya dan kikir, maka ketika mereka telah menjadi mayat akan ada penyesalan mendalam.

Dalam Al-Qur'an dijelaskan, "dan jangan sekali-kali orang yang kikir, dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya, mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka kikirkan itu, akan dikalungkan (di lehernya ) pada hari kiamat. Milik Allah-lah warisan di langut dan bumi. Allah maha teliti apa yang kamu lakukan".

2. Menyesal Tidak Mau Mendengar Dakwah.

Mendengarkan dakwah merupakan sebuah hal untuk semakin memperkuat keimanan kepada Allah SWT. Namun saat hidup di dunia, masih ada saja orang yang enggan mendengarkan dakwah. Mereka justru lebih sibuk untuk urusan duniawi. Umat inilah yang akan menyesal ketika berada di alam kubur nanti. 

Dijelaskan Ustadz Abdul Somad, "andai kami mau mendengar, kami mau berfikir, kami tidak akan menjadi penghuni neraka Sair. Ada neraka Jahanam, ada neraka Saqar, ada satu khusus neraka, namanya neraka Sair. Itu hanya ditempati oleh orang spesialis tidak mau mendengarkan pengajian".

3. Menyesal Meninggalkan Salat

Ketika hidup, namun seorang umat meninggalkan salat, maka mereka akan sangat menyesal. Salat lima waktu menjadi salat wajib yang harus dilakukan umat. Namun ketika seorang umat tergoda setan, dan meninggalkan salat, maka ia akan menyesal ketika berada di alam kubur. Hal ini terjadi karena mereka akan menjadi penghuni neraka Saqar.

Penghuni neraka sempat memberikan jawaban ketika ditanya. Dalam Al-Qur'an Surat Mudatsir 42-43, "apa yang memasukkan kamu ke dalam Saqar?, Mereka menjawab: Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan salat".

Baca Juga : Identitas Mrs X yang Ditemukan Hanyut di Sungai Brantas Bendosari Terungkap

"Maka datanglah sesudah mereka, pengganti yang jelek yang menyia-nyiakan salat memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan, kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh," (QS Maryam 59). 

4. Menyesal karena Memutus Tali Silaturahmi

Mereka yang memutus tali silaturahmi, membuat mereka sangat merugi dan membuatnya akan menyesal di alam kubur dan akan mendapatkan siksaan di akhirat. 

Dalam hadits riwayat Tirmidzi, "Tidak ada dosa yang Allah SWT lebih percepatkan siksaan kepada pelakunya di dunia, serta yang tersimpan untuknya di akhirat selain perbuatan zalim dan memutuskan tali silaturahmi".

5. Menyesal Tidak Berdakwah 

Seseorang yang telah meninggal, akan sangat menyesali ketika dirinya tidak pernah berdakwah semasa hidup. Terlebih lagi ketika seseorang itu memiliki ilmu dan pengetahuan lebih, maka penyesalan yang dialami seseorang ketika meninggal akan begitu dalam karena tidak berdakwah.

Dalam hadits riwayat Bukhari dijelaskan, "sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda: sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat. Berkisahlah tentang Bani Israel dan tidak apa-apa. Barang siapa berdusta atas namaku, maka bersiaplah mendapatkan kursi dari api neraka".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
penghuni neraka penyesalan mayat

Berita Lainnya