Jadi Kontroversi, Baim Wong Putuskan untuk Lepas Citayam Fashion Week | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Jadi Kontroversi, Baim Wong Putuskan untuk Lepas Citayam Fashion Week

Jul 26, 2022 11:31
Baim Wong (Foto: Instagram)
Baim Wong (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Langkah Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week akhir-akhir ini menuai pro dan kontra. Hingga akhirnya, Baim Wong kembali memberikan klarifikasi dan sebuah keputusan.

Dilansir melalui YouTube Baim Paula, Baim Wong memutuskan untuk melepas Citayam Fashion Week. Awalnya, Baim menjelaskan awal mula dirinya berpikir untuk mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI.

Baca Juga : Agar Obyektif, Tim Hukum Mas Bechi Minta Sidang Digelar Secara Offline

Dia lalu menegaskan tidak ada sama sekali dirinya berpikir untuk mencari untung.

"Ketika adanya ide ini pas Paula di sana, idenya sebenarnya bukan HAKI idenya itu kita adain suatu pagelaran, kompetisi supaya fashion week ini ada dan nggak cuma gini aja," jelas Baim Wong. 

Baim Wong kemudian langsung mencari apakah ada pemegang HAKI dari Citayam Fashion Week tersebut. Hal itu dilakukan, untuk meminta izin dirinya memakai nama itu sebagai pagelaran yang dia rencanakan.

"Kalau saya tipikal yang mau ambil gitu saja hak orang, itu nggak. Saya tanya dulu sama Bonge, baru habis itu saya tanya ke HAKI. Sebelum saya membuat kompetisi dan pagelaran besar karena kalau HAKI itu ada saya mau minta izin. Sesimple itu, boleh nggak," tutur Baim.

"HAKI itu belum ada yang punya, kita bikin saja HAKI-nya sesimple itu. Bukan kita ambisius mengambil Citayam Fashion Week, awalnya dari situ," lanjut Baim.

Baim juga mengatakan bahwa dirinya sudah bicara langsung kepada 4 bocah Bojong Gede yang viral, yakni Bonge, Roy, Kurma, dan Jeje. Dia menjelaskan bahwa acara ini dibuat untuk mereka.

"Cuma saya bilang, ketika kalian masuk ke sini juga sebenarnya Citayam Fashion Week itu juga membantu kalian. Cuma takutnya ada kesenjangan dengan yang lain. Gimana kalau dari sini ada hasil karena kan ini pakai uang saya dulu, saya bilang kita buat bangun Citayam," terang Baim Wong.

"Saya agak kenanya ketika berita ini ada, walau mereka belum bertanya ke saya dengan opini masing-masing. Saya lumayan agak sedih juga dalam hati padahal kita niatnya nggak ke situ, ambil hak orang. Kita mau kasih sumbangsih ini ke Citayam, tapi akhirnya malah jadi seperti ini, saya pun jadi ngerasa ternyata jadi begini ya," aku Baim.

Namun, melihat banyak opini berkembang soal dirinya mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI, Baim Wong memilih untuk melepaskan. 

Dia tak ingin menyalahkan orang-orang yang beropini karena dirinya juga merasa wajar saat melihat seperti apa yang dilakukannya, pasti akan timbul pertanyaan.

"Kalau misalnya meresahkan saya minta maaf karena kita nggak seambisius itu. Jadi memang kita mau melepaskan karena menurut saya nggak mau jadi kayak seperti ini. Nggak ada niatan kita untuk... tadi juga berpikiran untuk dibuat HAKI bareng-bareng sama mereka. Cuma saya bilang daripada berkelanjutanlah saya bilang sudahlah karena niatan kita nggak ke sana sama sekali (ambil hak orang)," tegas Baim Wong.

"Saya akan melepas, nggak mau mempertahankan. Kalaupun nanti ada yang bisa saya bantu ketika Citayam Fashion Week apa pun itu PT Tiger Wong Entertainment bantu," ucap Baim lagi.

Baim Wong mengaku sedih saat ia dianggap ingin mengambil untung. Pada kesempatan itu dia juga meminta maaf kepada orang-orang yang merasa dirugikan.

Baca Juga : Klarifikasi Baim Wong Usai Pendaftaran Merek Citayam Fashion Week Tuai Polemik

Sebelumnya, upaya Baim mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ini sempat mendapat dukungan dari Waketum PKB Jazilul Fawaid. 

Bahkan ia sempat menyindir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meminta Baim Wong mencabut pendaftaran Citayam Fashion Week.

"Kang Emil kan juga numpang populer, sama saja dengan Baim Wong yang melihat peluang dari Citayam Fashion Week," ujar Jazilul Fawaid.

Jazilul mengaku mengambil sisi positif terkait pendaftaran merek Citayam Fashion Week itu. Menurutnya, selama memajukan kreativitas anak muda, hal itu tidak ada salahnya.

"Bagus dong, asal punya misi dan tujuan yang sama untuk memajukan kreativitas anak muda, kami dukung Baim Wong dkk untuk mengayomi dan membina Citayam Fashion Week. Toh, terkadang legalitas HAKI sering diabaikan," jelas Jazilul.

Sementara, sikap Jazilul itu berbeda dengan Ridwan Kamil. Dalam postingannya, Gubernur Jawa Barat itu menyarankan Baim Wong agar tidak terlalu ikut campur lebih dalam terkait Citayam Fashion Week.

Kang Emil menyarankan suami Paula Verhoeven itu agar tidak melihat segala sesuatu dari sisi komersil saja, khususnya dari ajang Citayam Fashion Week.

Menurut Ridwan Kamil, fenomena Citayam Fashion Week seyogyanya tumbuh secara natural tanpa dicampuri orang luar.

"Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram-nya.

Bahkan, Baim Wong diminta untuk segera mencabut keputusan pendaftaran HAKI ke Kemenkumham.

"Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja," tulis Ridwan Kamil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
citayam fashion week Baim Wong

Berita Lainnya