Unik, Ada Tumpeng Bakso di Jombang | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Unik, Ada Tumpeng Bakso di Jombang

May 28, 2022 09:26
Tumpeng bakso di Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)
Tumpeng bakso di Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

JATIMTIMES - Tumpeng lazim dibuat dari nasi kuning untuk berbagai acara hajatan. Namun, tumpeng yang satu ini dibuat lebih berbeda. Yaitu tumpeng bakso yang terbuat dari daging sapi.

Tumpeng bakso ini dibuat oleh Iin Andayani (40). Seperti pada umumnya, bakso dibuat dari adonan daging sapi yang digiling dengan tepung tapioka. Adonan itu kemudian dibentuk bulat menyerupai bola-bola kecil.

Baca Juga : Hanya Soal Baju, 6 Pesilat di Jombang Keroyok Warga saat Nonton Kuda Lumping

Namun, ibu satu anak ini membuat bakso dengan bentuk yang berbeda. Adonan bakso sapi dibentuk gunungan yang mengerucut layaknya bentuk nasi tumpeng. Tumpeng bakso buatan Iin ini tergolong komplit. Yaitu disajikan lengkap dengan mi, keripik kulit pangsit, tahu bakso dan somai hingga tetelan tulang sapi. Untuk isian tumpeng bakso diisi bumbu cabe. Sedangkan, untuk kuah dan saosnya dikemas terpisah dengan tumpeng bakso.

Iin mengatakan, tumpeng bakso kerap dipesan oleh pelanggannya untuk acara ulang tahun maupun acara hajatan lainnya. "Ini bakso tumpeng ulang tahun. Bakso tumpeng ini yang kini banyak dipesan," ujarnya saat ditemui di warung baksonya, Kelurahan Jelakombo Gang 4, Jombang, Sabtu (28/5/2022).

Iin sudah satu tahun ini merintis usaha bakso. Namun, untuk membuat bakso tumpeng ia baru menjajalnya 2 bulan. Awalnya ia hanya mencoba membuat bakso tumpeng untuk ulang tahun putrinya dan diposting ke media sosial. Akhirnya permintaan bakso tumpeng buatannya berdatangan.

"Awalnya itu coba-coba buat untuk ulang tahun anaknya sendiri. Terus banyak yang pesen. Bakso tumpeng ini baru dua bulan," kata Iin.

Tumpeng bakso buatan Iin ini dijual dengan berbagai ukuran. Yakni mulai dari bakso tumpeng berukuran kecil untuk porsi satu orang dijual seharga Rp 25.000. Kemudian tumpeng bakso dengan ukuran tinggi 18 cm untuk porsi 12-15 orang seharga Rp 300.000 dan tumpeng bakso berukuran tinggi 25 cm untuk porsi 25 orang dibandrol Rp 350.000.

Baca Juga : Peziarah Asal Surabaya Ditemukan Tewas di Makam Mbah Sayyid Sulaiman Jombang

"Kalau tumpeng bakso harus pesan dulu 3 hari sebelumnya," tandasnya.

Warung bakso punya Iin ini buka setiap hari, mulai pukul 11.00-20.00 WIB. Selain tumpeng bakso, menu yang ditawarkan mulai bakso biasa, bakso sumsum, bakso balungan, bakso iga, hingga bakso pedas.

Iin mengaku, dalam sehari bakso berbagai varian habis hingga 50 porsi. Pemintanya selain dari Jombang juga dari luar seperti Mojokerto, Sidoarjo hingga Surabaya. "Omzet sebulan rata-rata Rp 5 juta," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
tumpeng bakso tumpeng bakso jombang

Berita Lainnya