Kartu Tol Bakal Dihapus, Teknologi Ini Jadi Pengganti dan Kendaraan Tak Perlu Berhenti untuk Membayar | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Kartu Tol Bakal Dihapus, Teknologi Ini Jadi Pengganti dan Kendaraan Tak Perlu Berhenti untuk Membayar

May 19, 2022 09:28
Ilustrasi (Foto: Info Kartu e-Toll dan e-Money Card)
Ilustrasi (Foto: Info Kartu e-Toll dan e-Money Card)

JATIMTIMES - Pemerintah akan mulai menerapkan teknologi pembayaran biaya jalan tol yang baru pada akhir 2022. Dengan adanya teknologi baru ini, maka pembayaran menggunakan kartu E-Toll tidak akan dipakai lagi. 

Jika kartu E-Toll dihapus, lantas apa penggantinya?

Baca Juga : Jambret Tas, Residivis Asal Blitar Ditangkap Tim Macan Agung Polres Tulungagung

Disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, sistem pembayaran jalan tol ke depannya akan menggunakan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

"Mulai akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money," katanya dalam keterangan tertulis dikutip pada Kamis (19/5/2022). 

Namun demikian, untuk saat ini penggunaan teknologi MLFF masih dalam tahap pengembangan. Teknologi MLFF ini akan diuji coba di beberapa ruas jalan tol pada tahun ini dan ditargetkan bisa beroperasi 100% pada akhir tahun 2023.

Sistem MLFF ini nantinya akan menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone. Selanjutnya GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. 

Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem tersebut akan melakukan kalkulasi tarif. Penggunaan Global Navigation Satellite System (GNSS) banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur termasuk Hongaria.

Baca Juga : Reses, Pimpinan DPRD Surabaya Reni Astuti Launcing Rumah Aspirasi

Manfaat lain dari kehadiran sistem transaksi MLFF ini ialah salah satunya efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan.

Penerapan waktu transaksi di gerbang tol turun hanya menjadi 0 detik dari kegiatan transaksi gerbang tol dengan uang elektronik sebelumnya yang memakan waktu hingga sekitar 4 detik, jika dilihat terdahulu, waktu transaksi dengan uang kartal adalah sekitar 10 detik lamanya.

Dengan diimplementasikannya sistem baru ini pembayaran tol tak lagi perlu berhenti dan kendaraan bisa terus berjalan seperti biasa. Sehingga tidak ada lagi antrean pada gerbang tol dan mempersingkat waktu tempuh dan efisien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
e toll kartu e toll

Berita Lainnya