Resep Menu Takjil untuk Buka Puasa, Es Timun Serut yang Sehat dan Menyegarkan | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg
Menu Buka dan Sahur

Resep Menu Takjil untuk Buka Puasa, Es Timun Serut yang Sehat dan Menyegarkan

Apr 06, 2022 11:12
Es timun serut (Foto: opendrink.io)
Es timun serut (Foto: opendrink.io)

JATIMTIMES - Magrib adalah waktu yang paling dinanti bagi umat muslim untuk berbuka puasa. Setelah seharian berpuasa, di saat Magrib kita sudah boleh untuk berbuka atau makan. 

Biasanya, saat berbuka, kita dihidangkan menu yang menyegarkan, yakni takjil atau sebagai makanan pembuka sebelum makan makanan berat. Sebut saja  kolak, es buah, atau minuman segar lainnya. 

Baca Juga : Berbagi 200 Porsi Makanan Saat Ramadan, Begini Kisah Ryyan Husain Pemuda asal AS

Salah satu  inspirasi menu takjil buka puasa ala seorang dokter sekaligus penggagas Jurus Sehat Rasulullah, dr. Zaidul Akbar, ini bisa dicoba dipraktikkan di rumah. Menu takjil buka puasa kali ini terbuat dari bahan utama timun dan air kelapa.

Selain menyegarkan, minuman es timun serat ini juga sangat baik untuk kesehatan. "Timun serut menyegarkan. Pilihan menu buka puasa yang sederhana, penuh manfaat dan disenangi sama tubuh kita. Habis makan kurma ruthob atau kurma apa saja, boleh dilengkapi sama timun serut ini, biar segar," ujar  Zaidul Akbar.

Dilansir dari Instagram @kebunsehatjsr, Rabu (6/4/2022), berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

- Timun
- Chia seeds
- Jeruk nipis
- Gula singkong
- Air kelapa/bisa pakai air putih
- Kolang-kaling (opsional)

Cara membuat es timun serut:

Pertama kupas timun, lalu buang biji dan serut dagingnya. Kemudian, masukkan ke dalam mangkuk yang berisi air putih atau air kelapa.

Tambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon sedikit. Tambah gula singkong dan chia seeds. Aduk rata, timun serut siap untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Khalid Basalamah Perbolehkan dan Halalkan Warung Buka Siang Selama Ramadan

Kalau tidak ada gula singkong, bisa gula biasa. "Nggak ribet, nggak mahal, nggak bikin kantong kosong. Segernya dapet, sehatnya dapet. Tubuh gembira, ibadah lancar jaya. Bikinnya deket-deket buka puasa ya, biar nggak tergoda," kata  Zaidul Akbar.

Untuk diketahui, minuman es timun serut ini memiliki kandungan nutrisi, kalori, hingga karbohidrat. Sehingga kebutuhan gizi saat puasa kita tetap tercukupi. 

Selain itu, minuman es timun serut ini  memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, membantu penurunan berat badan di mana mentimun mengandung 95 persen air dan rendah kalori, membantu mengurangi selulit, mengurangi setres dan menyehatkan kulit. 

Mentimun sendiri kaya akan ascorbic dan caffeic acid yang berkhasiat mencegah penumpukan cairan di dalam kulit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Menu Berbuka Puasa Es timun serut

Berita Lainnya