Merasakan Salat Jumat di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Pengalaman Religi Sebelum ke Mandalika | Nganjuk TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg
JatimTIMES Seru-seruan di MotoGP Mandalika

Merasakan Salat Jumat di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Pengalaman Religi Sebelum ke Mandalika

Mar 18, 2022 15:54
Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, salah satu masjid terindah di Mataram yang wajib didatangi. (Foto: Ahmad Amin/JatimTIMES).
Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, salah satu masjid terindah di Mataram yang wajib didatangi. (Foto: Ahmad Amin/JatimTIMES).

JATIMTIMES - Keseruan perjalanan JatimTIMES bersama Kirana Tour and Travel dan Pergiramerame menuju MotoGP Mandalika masih berlanjut. Di hari ketiga ini, Jumat (18/3/2022) kami masih terus mengeksplor keindahan berbagai sudut kota sebelum menyaksikan langsung Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Karena ini hari Jumat, maka dua tim JatimTIMES yaitu Ahmad Amin dan Hendra Saputra memilih untuk menjalankan salat Jumat di salah satu masjid terindah di Mataram, yaitu Hubbul Wathan Islamic center. Lokasinya kebetulan tak jauh dari penginapan kami. Kira-kira hanya 15 menit saja kami sudah sampai di Masjid ikonik tersebut.

Baca Juga : Perkuat Ukhuwah Islamiyah, Bupati Salwa Istiqamah Pimpin Safari Jumat

 

Sekitar pukul 11.00 WITA, kami berempat dijemput tim Kirana Tour and Travel dan Pergiramerame. Kami menyusuri berbagai sisi di pulau seribu masjid ini. Jalanan hari ini terpantau padat. Berbagai kendaraan melintas secara bergantian, baik roda dua maupun empat.

Setibanya di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, tampak ada berbagai kendaraan dari plat yang berbeda terparkir di halaman Masjid. Semakin mendekati waktu Salat Jumat, kendaraan yang masuk pun semakin banyak.

Para muslim mulai mengambil air wudhu yang tepat berada di depan pintu masuk ke area salat. Setelah wudhu, secara beraturan para muslim masuk ke setiap sudut dengan menggunakan eskalator yang disediakan.

Bukan hanya hari Jumat, Masjid indah ini nyatanya memang banyak menjadi jujugan muslim dan muslimah di berbagai penjuru dunia. Bahkan istimewanya, saat hari besar seperti Idul Fitri dan bulan puasa, Masjid mendatangkan banyak imam besar di Arab Saudi.

"Kalau pas puasa itu pasti mendatangkan imam besar dari Arab di sini (Masjid Hubbul Wathan Islamic Center; red). Jadi salat tarawih dan salat wajib lainnya dengan imam besar dari Arab," kata Tour Guide Kirana Tour and Travel dan Pergiramerame yang kali ini menemani perjalanan kami.

Keindahan Hubbul Wathan Islamic Center, salah satu masjid terindah di Kota Mataram. (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES).

Masjid Hubbul Wathan Islamic Center ini memang menjadi salah satu ikon yang banyak menyita perhatian. Selain sebagai tempat untuk beribadah, juga banyak wisatawan yang datang. Masjid ini juga terbuka untuk umat non muslim yang ingin melihat keindahan arsitektur Masjid.

Bagi setiap pengunjung non muslim yang hendak masuk ke Masjid pun dipersilahkan untuk mengenakan baju muslimah yang disediakan. Hal itu sebagai bentuk penghormatan kepada umat muslim.

Sebagai tempat yang banyak dikunjungi wisatawan, maka di area Masjid kami juga menemui beberapa pedagang yang menjajakan minuman dan makanan kecil. Kami pun sempat mencicipi es cendol yang dijajakan salah satu pedagang. Rasanya manis dan segar, dinikmati di tengah teriknya matahari. Harganya pun murah, hanya Rp 5 ribu perporsinya.

Baca Juga : Ratusan Perempuan NU Malang Raya Sepakat Dukung Cak Imin Maju Pilpres 2024

 

Bagi kalian yang kini sedang jalan-jalan ke Kota Mataram atau ada rencana jalan-jalan ke sini, maka Masjid satu ini bisa jadi pilihan. Karena arsitekturnya yang indah sangat memanjakan mata. 

Masjid ini memiliki empat menara dengan ketinggian 99 meter. Kubah utama masjidnya pun sangat menarik, karena bercorak batik sasambo, perpaduan Sasak-Sumbawa-Mbojo. Coraknya yang indah membuat masjid ini tampak sangat cantik dari kejauhan. 

Selain itu, sekeliling tembok dan tiang di cat dengan warna keemasan. Perpaduan warna itu membuat tempat ibadah ini semakin megah. Dengan berbagai sisi yang cantik, kalian bisa berfoto seolah sedang di daerah Timur Tengah.

Selain Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Lombok juga terkenal dengan sederet wisata yang menarik. Buat yang tertarik, tunggu laporan Tim JatimTIMES Seru-seruan di MotoGP Mandalika bersama Kirana Tour and Travel dan Pergiramerame ya. Ada banyak ulasan menarik yang bakal kami suguhkan sebelum menyaksikan langsung Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Notes: Laporan ini ditulis Tim JatimTIMES Seru-seruan di MotoGP Mandalika bersama Kirana Tour and Travel dan Pergiramerame. 
Hendra Saputra (kiri), Pipit Anggraeni (dua dari kiri), Imarotul Izzah (dua dari kanan), Ahmad Amin (paling kanan).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
JATIMTIMES Kirana Tour and Travel

Berita Lainnya