7 Manfaat Tidur di Kasur Tanpa Ranjang | Nganjuk TIMES

7 Manfaat Tidur di Kasur Tanpa Ranjang

Jun 22, 2021 10:01
Kasur tanpa dipan (Foto: Architectural Digest)
Kasur tanpa dipan (Foto: Architectural Digest)

INDONESIATIMES - Salah satu tren interior yang saat ini banyak diminati adalah kasur atau tempat tidur tanpa dipan atau ranjang. Jadi, kasur langsung diletakkan di lantai.

Platform tebal dan tinggi dinilai bukan lagi tren untuk meletakkan kasur di kamar tidur.  Tak hanya hemat dalam pengeluaran membeli dipan, meletakkan kasur di lantai juga memiliki banyak manfaat. 

Baca Juga : Kisah Pilu Warga Lawang Kabupaten Malang Hidup 2 Tahun Alami Kanker di Wajah

Bahkan, Nabi Muhammad SAW hanya menggunakan alas sederhana untuk tidur tanpa ranjang. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS al-Ahzab [33] : 21).

Maka, tak ada sesuatu pun dari kehidupan Nabi Muhammad SAW yang luput dari pantauan sahabat-sahabatnya. Mulai dari hal-hal kecil hingga hal-hal besar.

Boleh jadi, kesederhanaan itu ditinjau dari segi pakaian, perabotan rumah tangga, dan lainnya lebih sederhana daripada sahabat-sahabatnya. Salah satunya yakni alas tidur yang sangat sederhana. 

Berdasarkan catatan, alas tidur Rasulullah hanya terbuat dari kulit yang diisi sabut. Namun, berdasarkan catatan lainnya, Umar bin Khattab RA pernah masuk ke kamar pribadi Rasulullah. 

Di sana, dia mendapati Rasulullah tengah tidur di atas tikar yang terbuat dari pelepah kurma sehingga terlihat meninggalkan bekas di lambungnya.

Alas tidur Rasulullah  yang sangat sederhana itu tentu mengundang rasa takjub siapa pun yang melihatnya. Bahkan, Umar sampai meneteskan air mata saat melihat bekas tikar di lambung beliau. 

Lalu Umar berkata, “Engkau adalah Rasulullah. Sedangkan kisra dan kaisar tidur di atas ranjang terbuat dari emas.”

Lantas apa saja manfaat tidur di atas kasur yang rendah bahkan langsung di lantai? Berikut ulasannya: 

1. Memberi kesan kamar lebih tinggi dan lega

Kasur tanpa ranjang atau dipan berarti Anda tidur dekat dengan lantai. Hal itu membuat jarak tubuh yang berbaring jauh dari langit-langit kamar sehingga memberi kesan roomy, luas, dan nyaman.

2. Tidak menjadi sarang debu

Ranjang kasur yang berbahan kayu maupun kain bisa saja menjadi sarang debu. Kebanyakan orang jarang membersihkannya. 

Namun, kasur tanpa dipan  ini akan meminimalkan penumpukan debu dan alergen. Jika ingin  membersihkan lantai di bawah kasur, angkat saja kasurnya.

3. Bisa memperbaiki kualitas tidur

Baca Juga : Buah Alpukat Sebesar Pepaya Ada di Kediri

Tidur lebih dekat dengan lantai merupakan cara yang lebih natural untuk beristirahat. Bagi kalian yang sering gelisah dan susah tidur, cara seperti ini justru dipercaya bisa memperbaiki kualitas tidur.

4. Lebih chic

Kasur tanpa dipan akan membuat kamarmu terlihat minimalis atau mungkin chic dengan ditambah sedikit sentuhan rustic. Gaya kasur di lantai ini paling pas diterapkan.

5. Mencegah anak-anak jatuh dari kasur

Khusus bagi yang memiliki anak bayi, pasti tahu rasanya jantung mau copot saat anak jatuh dari kasur yang tinggi. Kasur yang dekat dengan lantai akan meminimalkan hal itu terjadi.

6. Lebih aman untuk bagi Ibu hamil 

Pemilihan tempat tidur tanpa ranjang ini juga sangat cocok untuk para ibu hamil. Sebab, hal tersebut dapat meminimalisasi risiko terjatuh dari ketinggian.

Ini sangat penting mengingat ibu hamil sering terbangun di malam hari dan perlu beranjak dari kasur. Dengan cara itu, para ibu hamil juga bisa lebih leluasa bergerak saat berada di atas kasur.

7. Tidak membuat nyeri punggung

Jika kasur yang kamu punya tergolong tipis, maka tidur tanpa ranjang juga bisa mencegah terkena sakit punggung. Hal ini karena permukaan lantai yang keras bisa memaksa postur tubuh untuk tetap tegak dan lurus selama tidur. Posisi tidur yang baik ini tentu akan membuatmu terhindar dari rasa nyeri pada punggung saat bangun. 

Topik
Kasur di lantai Kasur tanpa ranjang Tidur di kasur

Berita Lainnya