Jenis Olahraga yang Cocok Saat Puasa, Cek Disini | Nganjuk TIMES

Jenis Olahraga yang Cocok Saat Puasa, Cek Disini

Apr 19, 2021 13:15
ilustrasi olahraga (Photo:pixabay)
ilustrasi olahraga (Photo:pixabay)

INDONESIATIMES - Bulan puasa sudah memasuki hari ke-7. Tepat satu minggu lamanya kita sudah menjalani puasa. Momen puasa tahun ini tentunya tidak boleh kita biarkan sia-sia walaupun tidak banyak yang bisa kita lakukan karena pandemi ini. Walaupun kebanyakan dari kita selalu di rumah saja karena protokol kesehatan, tetapi kita tetap harus beraktivitas dan melakukan hal-hal yang berguna dan bermanfaat saat bulan ramadan ini agar tidak terbuang sia-sia.

Banyak hal yang bisa kita lakukan saat bulan ramadan, terutama saat bosan ketika sedang menunggu waktu berbuka. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Dengan banyak waktu luang di rumah, kita bisa memanfaatkan ini untuk membuat tubuh kita lebih bugar dan fit daripada biasanya dengan banyak berolahraga. Selain itu, berolahraga juga dapat membantu proses diet kamu loh!

Baca Juga : Ada Aroma Fruity Pada Semua Jenis Kopi dari Lumajang 

 

Tidak perlu waktu yang lama, cukup 30 menit sampai kurang lebih 1 jam berolah raga sudah dapat membuat tubuhmu tetap fit dan bugar untuk menjalani puasa di bulan suci ini.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan saat sedang puasa!

Jogging/treadmill

Jogging atau treadmil merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan ketika sedang puasa. Jogging dan treadmill ini dapat dilakukan pada sore hari sebelum berbuka puasa sembari ngabuburit menunggu waktu berbuka tiba. 

Cukup lakukan jogging selama sekitar 30-40 menit tidak perlu terlalu lama dan tetap jaga intensitas kecepatan saat jogging karena jika terlalu tinggi dapat menyebabkan dehidrasi bukan membuat tubuh menjadi fit. 

Dengan jogging sekitar 30 menit, kamu juga sudah dapat membakar banyak kalori dari tubuhmu, cocok untuk orang yang sedang menjalani diet.

Yoga

Melakukan yoga sangat baik bagi kesehatan karena dapat membantu tubuh kita tetap fit. Tidak memerlukan gerakan yang menguras tenaga membuat yoga sangat cocok dilakukan saat sedang berpuasa. Selain itu dengan melakukan yoga kita juga secara tidak langsung melatih pernapasan kita yang membuat pemasokan oksigen ke otak lebih lancar. Yoga juga dapat membantu kesehatan mental kita dan membuat kita merasa lebih rileks, tenang, dan berpikiran jernih.

Baca Juga : Sederet Konten Provokatif Jozeph Paul Zhang, soal Islam hingga NKRI 

 

Bersepeda

Bersepeda juga menjadi jenis olahraga yang sangat cocok saat puasa. Bersepeda bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan stamina yang kita punya sehingga kita tidak mudah merasa lelah. Selain itu bersepeda juga menjaga tubuh kita agar tetap aktif dan membuat tubuh kita lebih fit untuk waktu yang lebih lama. 

Bagi kamu yang sedang diet, bersepeda juga cocok karena dalam satu jam kita bersepeda sudah dapat membakar kalori yang cukup banyak. Selain untuk menyehatkan tubuh bersepeda juga mampu mengurangi rasa bosan saat sedang menunggu waktu berbuka puasa.

Jalan Cepat

Selain jogging, jalan cepat juga cocok dilakukan saat puasa. Jalan cepat cenderung lebih lambat temponya dibandingkan jogging. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari jalan cepat. Walau terdengar tidak menantang ternyata jalan cepat itu mampu menjaga keseimbangan dari tubuh kita dan mencegah pengeroposan tulang. Walaupun sudah berumur tentunya jalan cepat sangat cocok. Selain itu jalan cepat juga membuat kita jadi tidak mudah lelah jadi aman dilakukan saat sedang puasa.

Topik
tips olahraga di bulan puasa jenis olahraga olahraga saat puasa

Berita Lainnya