Tips Tetap Bugar walau Sering Begadang | Nganjuk TIMES

Tips Tetap Bugar walau Sering Begadang

Apr 13, 2021 20:33
ilustrasi (gambar:source pixabay)
ilustrasi (gambar:source pixabay)

INDONESIATIMES - Mahasiswa kerap memiliki tugas yang bisa dibilang tidak sedikit. Mahasiswa kerap mendapatkan tugas yang membuat mereka bahkan sampai tidak bisa tidur.

Tentu pemberian tugas ini demi kebaikan mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja. Ya, memang diharapkan bahwa setelah lulus kuliah nanti para mahasiswa bisa langsung menghadapi dunia kerja.

Baca Juga : Viral Tiru Gaya Han Seojun, Akun TikTok Pria Tulungagung Ini Kebanjiran Viewer

Karena kebiasaan tidak tidur ini membuat banyak anak muda sekarang sering mengalami insomnia. Insomnia adalah penyakit sulit tidur dan susah tidur nyenyak. Banyak anak muda yang mengalami keadaan insomnia tetapi tidak sadar. Mereka sering mengira bahwa hanya tidak tidur selama 1-2 hari tidak masalah bagi mereka.

Tetapi faktanya, begadang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, di mana bisa memperlambat tubuh untuk memperbaiki masalah yang ada di dalam serta memperkuat imun tubuh. Selain itu, begadang juga berpengaruh terhadap penampilan kita. Saat setelah begadang semalaman, penampilan kita cenderung terlihat letih, lesu dan tidak bergairah.

Berikut ini tips untuk tampil lebih bugar walaupun habis begadang.

1. Minum kopi

Biasanya saat orang mengantuk tetapi harus begadang, mereka memilih minum kopi untuk membantu mereka agar tidak mengantuk karena kopi mengandung kafein.  Hal ini merupakan hal yang umum, dengan minum paling banyak dua gelas kopi dapat membantu kamu tampak terlihat bugar dan tidak mengantuk setelah semalaman begadang. Tetapi jangan terlalu banyak minum kopi dan mengonsumsi banyak kafein ya karena tidak baik bagi kesehatan.

2. Tidak berada di tempat yang kurang cahaya

Berada di tempat yang gelap atau kurang cahaya cenderung membuat kita lebih mengantuk. Maka dari itu lebih baik kita berada di tempat yang terang saat kita habis begadang. Saat kita berada di tempat yang terang secara tidak sadar kita memaksa tubuh kita untuk bangun. Cahaya dari matahari maupun lampu akan menyadarkan tubuh kita bahwa hari sudah terang dan ini membuat tubuh kita lebih segar dan ceria walaupun semalaman tidak tidur

3. Berolahraga

Tips berikutnya adalah berolahraga. Sehabis begadang semalaman ada baiknya kita berolahraga seperti jogging, jalan cepat dan lompat tali. Ya, olahraga ringan dapat membuat tubuh kita lebih bertenaga serta lebih bugar walau habis begadang. Tetapi jangan lupa juga melakukan pemanasan dan peregangan agar badan lebih segar dan tidak menyebabkan cidera ya.

Baca Juga : Adu Banteng, Motor Tiger Lawan Beat, Empat Pengendara Dilarikan ke Rumah Sakit

4. Hindari makan karbohidrat dalam porsi yang banyak

Hindari mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang banyak saat sehabis begadang semalaman. Karena karbohidrat cenderung menyebabkan Anda mengantuk. Karena nasi memicu peningkatan kadar gula yang ada di dalam tubuh. 

Cobalah ganti karbohidrat yang Anda konsumsi dengan protein. Rentan waktu yang lama antara makan pagi dan makan siang juga dapat membuat Anda mengantuk. Jadi sebisa mungkin perkecil jarak itu dengan lebih banyak makan tetapi dalam jumlah yang sedikit. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan perbanyak minum air mineral agar otak dan tubuh lebih segar bugar.

5. Tidur siang

Yap, jika memang kamu harus begadang semalaman, jika ada kesempatan untuk tidur siang, tidurlah. Tidak perlu waktu yang lama, cukup kurang lebih 30 menit akan membantu tubuh merasa bugar kembali. Tidak perlu waktu yang lama, karena jika tidur siang terlalu lama tubuh malah akan menjadi lebih letih dan lebih tidak bertenaga.

Topik
tips tubuh bugar begadang efek begadang tubuh bugar setelah begadang Tips Hidup Sehat

Berita Lainnya