Densus 88 Antiteror Polri Tangkap Sejumlah Terduga Teroris di Jatim, 2 Orang di Kediri | Nganjuk TIMES

Densus 88 Antiteror Polri Tangkap Sejumlah Terduga Teroris di Jatim, 2 Orang di Kediri

Mar 03, 2021 18:23
Rumah terduga teroris yang terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. (Foto: Bams Setioko/ JatimTIMES)
Rumah terduga teroris yang terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. (Foto: Bams Setioko/ JatimTIMES)

KEDIRITIMES – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap sejumlah terduga teroris di wilayah Jawa Timur. Salah satu daerah menjadi objek sasaran penangkapan yakni berada di daerah Desa Tambakrejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Tim Densus 88 berhasil mengamankan dua orang terduga teroris, Selasa (02/02/2021) kemarin.

Selain berhasil melakukan penangkapan terhadap dua orang terduga teroris, Densus 88 juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa senjata tajam, senapan angin dan juga buku panduan agama.

Baca Juga : Dukung Kesembuhan Pasien Covid-19, Ketos Gelar Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen

Ketua RT 02 RW 04 Desa Tambakrejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Muryono mengaku dirinya ikut menyaksikan saat proses penggeledahan di rumah yang bersangkutan. Penggeledahan dilakukan setelah mengamankan saudara berinisial SH dan juga teman SH saat hendak menaiki mobil.

"Tadi setelah diamankan saya sempat diminta menjadi saksi penggeledahan di rumah SH. Ditemukan beberapa benda tajam pisau, pedang, senapan angin dan buku panduan agama diamankan Pak Polisi," kata Muryono.

Sementara itu, Kepala Desa Tembakrejo Mahfud Fauzi mengungkapkan bahwa yang bersangkutan baru empat bulan tinggal di Desa Tambakrejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri ini. Yang bersangkutan diamankan oleh petugas pada Selasa siang.

Mahfud mengatakan, dalam kesehariannya, yang bersangkutan juga baik kepada para tetangga dan sering memberikan makan. Yang bersangkutan juga bukan orang pendiam. Sehari-hari, keluarga itu bejualan makanan yang dititipkan ke warung-warung.

"Beliau domisili di sini masih belum terhitung lama. Kisaran empat bulan berdomisili di Desa Tambakrejo, membeli tanah kosong serta mendirikan bangunan rumah. Warga Surabaya, bukan warga Tambakrejo. Namun Pak SH berdomisili di Tambakrejo itu benar," kata Mahfud Fauzi.

Baca Juga : Pimpin Sertijab, Ini Pesan Gubernur Khofifah untuk Bupati Rini

Diketahui, selama satu pekan ini, Densus 88 Antiteror Mabes Polri telah menangkap terduga teroris di sejumlah daerah di Jawa Timur. Pada Jumat lalu (26/2), Densus menangkap 12 terduga teroris diantaranya delapan orang ditangkap di Sidoarjo, dua orang di Surabaya, satu orang di Mojokerto, dan satu orang di Malang.

Lalu pada Senin (1/3) kemarin kembali delapan orang lainnya juga diamankan yakni Surabaya dua orang, Malang dua orang, Bojonegoro empat orang, dan ditambah penangkapan terhadap dua teroris di Kabupaten Kediri pada Selasa (2/3) sehingga total ada 22 terduga teroris yang diamankan di Jatim dalam sepekan.

Topik
tim densus 88 Densus 88 terorisme jatim kasus terorisme

Berita Lainnya