Dituduh Radikal, Din Syamsuddin Dapat Bantuan Hukum dari PP Muhammadiyah | Nganjuk TIMES

Dituduh Radikal, Din Syamsuddin Dapat Bantuan Hukum dari PP Muhammadiyah

Feb 20, 2021 10:56
Din Syamsuddin (Foto:  Solo Pos)
Din Syamsuddin (Foto: Solo Pos)

INDONESIATIMES - Tokoh Muhammadiyah Din Syamsuddin mendapat bantuan hukum dari Majelis Hukum dan HAM (MHH) PP Muhammadiyah

Seperti diketahui, Din Syamsuddin dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) karena diduga telah melakukan pelanggaran kode atik sebagai ASN dan dituduh sebagai tokoh radikal. Bantuan hukum terhadap Din ini disampaikan langsung oleh Koordinator Tim Advokasi MHH, Gufroni. 

Baca Juga : Orang Tua Sering Diejek, Mantan Karyawan Toko ATK Siksa Bosnya hingga Tewas

Dikatakan pada Jumat (19/2/2021) pihaknya telah mendatangi kediaman Din untuk menyampaikan pandangan hukum terkait surat yang disampaikan oleh GAR ITB.  

Surat tersebut berkaitan dengan pandangan kritik Din terhadap penyelenggaraan negara yang ditujukan ke KSAN. Surat itu berkenaan dengan pandangan kritis Din kepada penyelengaraan negara yang ditujukan ke KSAN.

"Memberikan pandangan hukum tim advokat menawarkan bantuan advokasi kepada Prof Din. Atas pandangan hukum dan tawaran advokasi tersebut Prof Din berkenan menerima bantuan advokasi dengan menandatangani surat kuasa" ujar Gufroni.

Melalui surat kuasa itu, tim akan segera mengambil langkah hukum baik kepada GAR ITB maupun KSAN serta pihak terkait. 

"Upaya yang akan ditempuh Tim Advokat MHH yakni menempuh langkah hukum yang tersedia guna mendapat data dan fakta yang seterang-terangnya atas tuduhan yang tidak mendasar kepada Prof Din," cetusnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada GAR ITB agar segera melayangkan permohonan maaf terhadap Din. MHH juga meminta agar surat tersebut segera ditarik oleh GAR.

Baca Juga : Ulama Palsu Tipu Calon Jemaah Haji, Kerugian Capai Puluhan Juta Rupiah

Terkait hal ini, Din pun mengaku terharu dan senang karena perhatian dari organisasi yang sempat ia pimpin tersebut. Din lantas mengakui, tuduhan itu merupakan pembunuhan karakternya. Din pun mendukung langkah hukum oleh tim advokat PP Muhammadiyah. Namun, Din berpesan agar tetap mengedepankan prinsip yang dipegang Muhammadiyah.

"Langkah hukum yang cerdas dan elegan seperti yang akan dilakukan oleh tim advokasi menjadi sangat penting. Namun sesuai dengan watak Muhammadiyah yang wasatiyah (moderat atau adil, seimbang)," kata Din dalam keterangannya, Jumat (19/2/2021).

Lebih lanjut, Din berharap agar pihak-pihak yang mendukungnya bisa bersikap tenang. "Semoga langkah kita ini adalah langkah yang membawa kebaikan dan kemaslahatan bagi bangsa dan negara," katanya.

Topik
Din Syamsudin Bantuan Hukum majelis hukum dan ham pp muhammadiyah tokoh radikal PP Muhammadiyah

Berita Lainnya