Datangkan Juru Masak Profesional untuk Latih Pemulung, Mensos Risma Kembali Disorot | Nganjuk TIMES

Datangkan Juru Masak Profesional untuk Latih Pemulung, Mensos Risma Kembali Disorot

Jan 30, 2021 08:40
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto:  The Asian Parent)
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: The Asian Parent)

INDONESIATIMES - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kembali disorot setelah mendatangkan juru masak profesional untuk melatih para pemulung. Mantan Wali Kota Surabaya ini diketahui memberikan upaya bagi pemulung agar bisa membuka usaha kuliner.  

Sayangnya, lagi-lagi langkah Risma ini mendapat kritikan dari beberapa pihak. Salah satunya kritikan datang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca Juga : Lahan 3 Ribu Meter Persegi, Dishub Akan Bangun Gedung Parkir 3 Lantai di Area Alun-Alun

PKS menilai, jika langkah Risma mendatangkan juru masak profesional ini terlalu berlebihan. Seharusnya, Risma lebih fokus untuk mengurus jutaan orang yang terdaftar keluarga penerima manfaat (KPM) dari program keluarga harapan (PKH).  

"Bu Menteri kalau mau mengajari keterampilan tidak perlu repot-repot cari pemulung, cukup para calon graduasi dari KPM PKH yang jumlahnya kalau ambil 20% 10 juta KPM PKH," kata Ketua DPP PKS Bukhori Yusuf.

Harusnya yang mendapat pelatihan lebih dulu ini, kata Bukhori, ialah mereka yang masuk dalam KPM PKH. "Harusnya yang diberi pelatihan keterampilan terlebih dahulu itu KPM PKH yang sedang diproyeksikan graduasi yang jumlahnya kalau se-Indonesia 2 jutaan," ucapnya.

Kendati demikian pendapat berbeda disampaikan oleh Partai Demokrat. Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Demokrat Nanang Samodra menilai, jika Risma kini sedang bereksperimen dengan mendatangkan juru masak profesional demi melatih pemulung membuka usaha kuliner.

"Kalau saya lihat, terkesan Ibu Risma selaku Mensos, sedang mempelajari sekaligus bereksperimen dalam menangani para pemulung. Hal ini bagus untuk konsumsi publikasi," kata Nanang.  

Lebih lanjut, Nanang mengatakan, jika ia tak mempermasalahkan eksperimen itu. Kendati demikian, ia mengingatkan agar Risma jangan sampai melupakan tugas-tugas pokok lainnya.  

Baca Juga : Jelang PPKM Jilid II, Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Malang Bertambah 23 Orang

 

Di sisi lain, langka Risma ini bisa juga dilakukan oleh Badan Litbang di Kemensos. Menurutnya, berlebihan jika Risma yang harus langsung turun tangan mengurus pemulung.

Bahkan terkait hal ini lagi-lagi nama Risma menjadi trending topic nomor 1 di Twitter Sabtu (30/1/2021) pagi.  

Seperti diketahui, Kemensos telah menggelar pelatihan keterampilan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) pemulung yang tinggal di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi. Mereka dilatih untuk memasak oleh juru masak profesional. Pelatihan ketrampilan memasak ini rupanya didatangkan dari Surabaya Hotel School. 

Pelatihan akan digelar selama 6 hari sejak 26 Januari hingga 31 Januari 2021 besok.  Dalam pelatihan memasak ini, para pemulung akan didampingi 9 instruktur yang diikuti oleh 30 peserta dari PPKS.

Topik
mensos tri rismaharini mensos risma pelatihan memasak untuk pemulung pelatihan usaha kuliner risma trending topic

Berita Lainnya