Juara 2 Nasional Lomba Sains, Siswi SMP ini Bercita-Cita Jadi Polwan | Nganjuk TIMES

Juara 2 Nasional Lomba Sains, Siswi SMP ini Bercita-Cita Jadi Polwan

Jan 29, 2021 17:15
Amalia saat menerima penghargaan dari Kapolres Jember AKBP. Arif Rachman Arifin SIK. MH (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Amalia saat menerima penghargaan dari Kapolres Jember AKBP. Arif Rachman Arifin SIK. MH (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JEMBERTIMES - Amalia Rosida Shabira Putri, siswi kelas 9 SMP Negeri 2 Jember, berhasil menorehkan prestasi tingkat Nasional. Putri bungsu dari 3 bersaudara ini berhasil meraih juara 2 lomba Olimpiades Sains tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada November 2020.

Atas prestasi yang diraihnya ini, Amalia panggilan akrab siswi berjilbab ini berkesempatan bertemu dengan Kapolres Jember AKBP. Arif Rachman Arifin SIK. MH pada Jumat (29/1/2021) di ruang kerjanya.

Baca Juga : Berkebutuhan Khusus, Mahasiswa Ini Sabet 3 Juara Bulu Tangkis Internasional

Tidak hanya itu, siswa yang sudah meraih puluhan medali dan penghargaan sejak duduk di bangku SD ini, juga mendapatkan beasiswa dari Kapolres Jember untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi.

“Saya memang saat ini sudah menjajaki kerjasama dengan beberapa lembaga keuangan untuk peduli dengan pendidikan anak-anak di Jember," kata Kapolres Jember AKBP. Arif Rachman.

Kerjasama tersebut termasuk asuransi pendidikan. Dia juga sudah berkoordinasi dengan beberapa kampus terkemuka di Jember untuk bisa memberikan kesempatan kepada siswi berprestasi tersebut untuk menempuh pendidikan tinggi.

"Ternyata ia malah mau melanjutkan ke Taruna di Magelang,” ujarnya.

Kapolres menambahkan, bahwa prestasi dan bantuan beasiswa diberikan kepada Amalia, merupakan bentuk kepedulian dirinya akan pendidikan anak-anak di Jember. Dengan memberikan apresiasi kepada siswi berprestasi ini, diharapkan akan banyak muncul siswa berprestasi lainnya.

“Amalia kan memberi inspirasi bagi generasi muda, mudah-mudahan apa yang diraihnya ini bisa menginspirasi siswa lainnya untuk giat dalam belajar, tidak hanya pada bidang akademik saja, siswa berprestasi di luar akademik, juga layak untuk mendapatkan penghargaan, hal ini sebagai wujud merangsang anak untuk lebih meningkatkan lagi prestasinya,” beber Kapolres.

Sementara Amalia sendiri, saat ditemui media mengatakan, bahwa meski dirinya berhasil meraih juara 2 nasional di bidang sains, dirinya ingin menjadi Polwan. “Saya belum kepikiran untuk melanjutkan untuk kuliah nantinya, karena saya ingin jadi Polwan, setelah lulus bulan Juli nanti, saya ingin melanjutkan ke SMA Taruna di Magelang,” ujar Amalia yang didampingi ibunya Erni Widyastuti.

Baca Juga : BBPPMPV BOE Semarakkan Ulang Tahun Pertama Ditjen Diksi demi Dikenal Masyarakat Luas

Sedangkan saat proses mengikuti lomba Sains Olimpiade tingkat Nasional ini, Amalia menceritakan bagaiman dirinya harus mengalahkan sedikitnya 6000 siswa di tingkat Jawa Timur dan bisa mewakili Jatim.

Terlebih lomba yang digelar oleh Kemendikbud ini tahapannya digelar sejak Maret tahun lalu, dimana saat itu awal masa pandemi mesuk ke Indonesia. “Memang ada perbedaan saat belajar di masa pandemi, terlebih menyiapkan segala keperluan lomba, dulu sebelum pandemi, setiap hari bisa belajar dengan pembimbing, namun sejak pandemi hanya bisa bertatap muka seminggu dua kali,” ujar Amalia.

Siswa yang tinggal di Perumahan Permata Indah Jember inipun bersyukur bisa bertemu dengan Kapolres dan menyampaikan cita-citanya untuk bisa melanjutkan ke Taruna di Magelang, sehingga dirinya sangat terbantu.

“Saat ini banyak lamaran dari beberapa SMA dan Taruna yang masuk ke anak kami, tapi karena anak kami ingin menjadi Polwan, anak kami akan melanjutkan ke Taruna Polisi di Magelang,” pungkas Erni ibu Amalia.

Topik
Amalia Rosida Shabira Putri siswa berprestasi jember Kapolres Jember Berita Jatim

Berita Lainnya