Tutup Usia karena Covid-19, Berikut Jejak Farida Pasha Pemeran Ikonik Mak Lampir | Nganjuk TIMES

Tutup Usia karena Covid-19, Berikut Jejak Farida Pasha Pemeran Ikonik Mak Lampir

Jan 17, 2021 12:53
Farida Pasha, pemeran Mak Lampir di serial Misteri Gunung Berapi berpulang. (Foto: source google).
Farida Pasha, pemeran Mak Lampir di serial Misteri Gunung Berapi berpulang. (Foto: source google).

MALANGTIMES - Dunia hiburan tanah air kembali berduka. Sosok Faridha Pasha, sang tokoh ikonik Mak Lampir di serial Misteri Gunung Merapi meninggal dunia semalam pukul 19.35 (Sabtu, 16/1/2021).

Kabar kepergian Faridha, diketahui melalui unggahan cucunya di stories instagram Iffy Alyssa (Minggu, 17/1/2021), karena terjangkit Covid-19.

Baca Juga : 8 Aktor Tampan Pilih Menikah dengan Wanita yang Lebih Tua, Jadi Bukti Usia Bukan Halangan

 

Artis senior Farida Pasha meninggal di usia 68 tahun. Populer, berkat perannya yang menjadi khas dan dikenang masyarakat tanah air pada serial Misteri Gunung Merapi. Tawa ikoniknya saat berperan sebagai Mak Lampir, seakan tak terlupakan bagi para penggemarnya.

 

 

“Love you so much Ibu sayang, yang tenag di surga. Titip peluk untuk papa ya,” tulis Iffy Alyssa di feed instagramnya.

Berikut jejak karir dari sosok Farida Pasha:

Lahir di Tasikmalaya, pada 21 Agustus 1952 silam, Farida rupanya sudah meniti karier sejak usia belia. Bahkan, karir keaktrisannya ini turut diikuti oleh beberapa anggota keluarganya.

Sang anak, Gina Sonia, dan cucunya, Ify Alyssa, yang turut meramaikan dunia hiburan tanah air ini.

Merintis karir di dunia entertaiment sejak tahun 1977, dengan menjajal peran di film Guna-Guna Istri Muda, Faridha cukup sukses memanjakan penontonnya kala itu.

Karirnya semakin melejit di usianya yang saat itu masih 25 tahun, dengan disusulnya perfilm-an berjudul Pembalasan Guna-Guna Istri Muda setahun setelahnya yang turut dibintangi artis papan atas pada era itu. Seperti Roy Marten, Rina Hassim, Aedy Moward.

Kesuksesan Farida Pasha saat membawakan peran di kedua film tersebut membuatnya dipercayai memegang peran utama pada film Nenek Gondrong yang bergenre mistik, dan Dukun Ilmu Hitam dengan genre serupa.

Baca Juga : Gisella Anastasia Akhirnya Buka Suara soal Video 19 Detik, Minta Maaf & Ngaku Salah!

 

Semenjak itu, namanya tidak pernah absen dari dunia perfilman dan pertelevisian Indonesia. Puluhan film dan sinetron yang dibawakan olehnya merajai dunia pertelevisian di tahun 1980 hingga 200-an.

Di antaranya, film Fajar yang Kelabu di tahun 1981, Satria Bergitar pada tahun 1983 (Rhoma Irama), hingga The Secret: Suster Ngesot Urban Legend yang ditayangkan pada tahun 2018 silam.

Yang tak terlewatkan dan dikenang oleh masyarakat tanah air, tentu sekuel Misteri Gunung Merapi yang sukses mengabadikan namanya menjadi sosok Mak Lampir kejam dengan tawanya yang khas.

Selain di sekuel Misteri Gunung Merapi, Faridha juga masih aktif di dunia peran dengan bermain di sinetron Hidayah berjudul Taubat dan Rahasia Ilahi.

Kepergian Farida Pasha cukup mengejutkan publik, banyak dari rekan artis ataupun netizen yang mengungkapkan bela sungkawa di kolom-kolom komentar Ify Alyssa.

Topik
farida pasha meninggal

Berita Lainnya