Sederet Bencana  Awal 2021, Sriwijaya Air hingga Gempa yang Memakan Korban Jiwa | Nganjuk TIMES

Sederet Bencana Awal 2021, Sriwijaya Air hingga Gempa yang Memakan Korban Jiwa

Jan 16, 2021 11:15
Sriwijaya Air (Foto: Okezone)
Sriwijaya Air (Foto: Okezone)

Belum ada satu bulan kita memasuki tahun baru 2021.  Namun, sejumah peristiwa atau bencana alam yang menyedihkan sudah terjadi di beberapa daerah pada awal tahun ini.  

Padahal, masyarakat sangat bersemangat untuk memasuki tahun baru 2021 ini dan berharap bisa lebih baik daripada tahun 2020.  Diketahui, 2020 dianggap sebagai tahun kelabu lantaran datangnya wabah covid-19 di Indonesia.  

Baca Juga : Langgar PPKM, Satpol PP Kota Malang Tutup Cafe Kriwul

Lantas apa saja sederet bencana yang sudah terjadi pada awal tahun 2021 ini? Berikut rangkumannya:

1. Tanah Longsor

Bencana tanah lonsong terjadi di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021).  

Longsor terjadi dua kali, pada pukul 16.00 WIB dan 19.30 WIB. Hingga akhirnya Pemkab Sumedang menetapkan status tanggap darurat selama 21 hari ke depan.  

Hingga Kamis (14/1/2021) dikabarkan terdapat 24 korban jiwa yang sudah ditemukan.  Sementara 16 orang lainnya masih dalam  pencarian.  

Bahkan, petugas BPBD Sumedang dan komandan Koramil Cimanggung ikut menjadi korban atas musibah tersebut.  

2. Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182

Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak jatuh di Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021). Pesawat tersebut membawa 62 penumpang yang terdiri dari 50 penumpang dan 12 kru.  

Pesawat itu hilang kontak 11 nautical mile lepas pantai Jakarta saat menanjak dari ketinggian 11,000 feet menuju 13,000 feet sekitar pukul 14.40.

Hingga kini tim SAR gabungan masih terus melakukan evakuasi terhadap para korban. Sampai 15 Januari, 12 korban berhasil diidentifikasi.  

Selain itu tim SAR gabungan juga sudah menemukan black box atau kotak hitam dari Sriwijaya Air.  

3. Banjir Kalimantan Selatan

Baca Juga : Innalillahi, Ulama Panutan Umat di Pamekasan Tutup Usia

Pada 14 Januari lalu, telah terjadi banjir di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).  Banjir tersebut disebabkan  curah hujan yang tak kunjung reda.  

Akibatnya, ribuan rumah terendam karena ketinggian air mencapai dua meter.  Bahkan, banjir sampai memutus jalan nasional Trans-Kalimantan di dua lokasi berbeda.

Diketahui, terdapat tujuh kabupaten dan kota di Kalsel yang dikepung banjir. Yakni Banjar, Tanah Laut, Banjarbaru, Banjarmasin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, dan Tabalong.

4. Gempa Bumi di Sulbar

Gempa bumi sudah terjadi sejak Senin (11/1/2021) di beberapa wilayah.  Yakni di Lombok Utara, Sulawesi Tengah, dan yang terbaru di Majene, Sulawesi Barat.

Gempa bumi di Majene terjadi pada 15 Januari dan bermagnitudo 6,2.   Akibatnya, dilaporkan bahwa hingga kini terdapat 34 orang meninggal dunia.  

Jumlah korban jiwa diperkirakan masih akan bertambah karena masih banyak bangunan runtuh yang belum dibongkar.  Hingga kini, masih terus dilakukan pembersihan bangunan terdampak gempa dan evakuasi korban.  

 

Topik
Sriwijaya Air Gempa Bumi Banjir Kalimantan Selatan Gempa Bumi di Sulbar Tanah Longsor

Berita Lainnya