Jadi Menag Baru, Gus Yaqut Lontarkan Pernyataan Tegas hingga Singgung Soal Mimpi | Nganjuk TIMES

Jadi Menag Baru, Gus Yaqut Lontarkan Pernyataan Tegas hingga Singgung Soal Mimpi

Dec 23, 2020 07:56
Yaqut Cholil Quomas (foto: Pikiran Rakyat)
Yaqut Cholil Quomas (foto: Pikiran Rakyat)

Nama ketua GP Ansor Yaqut Cholil Quomas atau yang akrab disapa Gus Yaqut mendadak menjadi perbincangan publik. Hal ini terjadi setelah ia ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama (Menag) baru menggantikan Fachrul Razi pada Selasa (22/12/2020).  

Setelah ditunjuk sebagai Menag, Gus Yaqut lantas melontarkan sebuah pernyataan tegas. Ia menegaskan tak ingin agama nantinya dijadikan alat politik untuk menentang pemerintah.  

Baca Juga : Cegah Kluster Perkantoran, Wali Kota Blitar Minta ASN Tidak Pergi Liburan

"Setelah resmi menjadi Menag, pertama ingin saya lakukan adalah bagaimana menjadikan agama sebagai inspirasi bukan aspirasi," kata Gus Yaqut.

Lebih lanjut, Gus Yaqut menjelaskan apa yang dimaksudnya.  

"Artinya apa? Bahwa agama sebisa mungkin tidak digunakan sebagai alat politik, baik untuk menentang pemerintah, merebut kekuasaan, maupun untuk tujuan-tujuan yang lain," tuturnya.

Menurutnya, agama lebih baik dibiarkan untuk menjadi inspirasi dan biarkan agama ini membawa nilai kebaikan dan nilai kedamaian dalam kehidupan bangsa dan negara.  

Di sisi lain, Gus Yaqut juga menceritakan saat pertama kali ia mendapat kabar jika akan menjadi Menag.  

"Bapak ibu sekalian ketika pertama kali saya mendapatkan berita bahwa saya harus menerima amanah sebagai pembantu Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden di kabinet ini sebagai Menteri Agama, tentu yang saya rasakan adalah kaget,” ujarnya.  

Baca Juga : Fix, Jokowi Umumkan 6 Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju, Bakal Dilantik Besok

Bahkan, Gus Yaqut sempat menyinggung dalam mimpinya saja tak pernah sekalipun membayangkan akan menjadi Menag.  

Namun, setelah tahu ia akan mengemban tugas ini, Gus Yaqut bertekad untuk mewakafkan seluruh hidup dan apa yang dimiliki untuk bangsa dan negara.

“Kebetulan sekarang mendapatkan kesempatan melalui Kementerian Agama, saya akan melakukan apa yang paling baik untuk bangsa dan negara ini," paparnya.  

Terakhir, Gus Yaqut memohon restu kepada seluruh rakyat Indonesia agar amanah ini bisa ia laksanakan dengan baik.

Topik
Reshuffle Kabinet

Berita Lainnya