Empat Suara Merdu yang Hanya Bisa Didengar di Surga, Berikut Keutamaannya | Nganjuk TIMES

Empat Suara Merdu yang Hanya Bisa Didengar di Surga, Berikut Keutamaannya

Dec 21, 2020 07:40
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Mendengarkan suara yang merdu tentu akan memberikan kenikmatan sendiri. Selama di dunia, seluruh makhluk hidup tentu sangat senang mendengarkan lantunan dan suara-suara merdu. Namun ternyata, suara merdu akan jauh lebih merdu lagi jika datangnya dari surga.

Dilansir dari channel YouTube Islam Populer, disebutkan jika suara merdu yang didengar manusia di dunia tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan suara merdu di surga. Suara merdu itu sendiri berasal dari beberapa elemen.

Baca Juga : 70 Orang Mati Lalu Dihidupkan Kembali Usai Mendengar Percakapan Allah SWT dengan Nabi

Pertema adalah suara pohon di surga yang memang menjadi pelengkap surga. Dzikir menjadi investasi setiap muslim di surga kelak. Sebagaimana Ibnu Abu Daud berkata, “Di surga ada pohon berbuah zamrud, Yaqut, dan mutiara. Ketika angin berhembus, buah-buahan itu bergemerisik memperdengarkan suara indah yang tak pernah terdengar sebelumnya.”

Suara indah tersebut keluar saat angin berhembus. Ibrahim meriwayatkan dari Ali Ibnu Atsim yang diberitahu oleh Said Ibnu Abu Sa'id Al-Kharitsi yang berkata, “Di surga ada beberapa rumpun bambu emas yang berubah mutiara. Jika penghuni surga ingin mendengar suara merdu, Allah SWT menghembuskan angin yang menggerincingkan pepohonan itu dengan suara yang sangat disukai penghuni surga.”

Selain pohon, suara merdu di surga juga terdengar dari suara Malaikat Isrofil, sebagai salah satu Malaikat Alah SWT yang bertugas meniup sangkakala. Selain itu juga menyampaikan pesan ilahi kepada malaikat lain. Suara sang malaikat pun sangat merdu sebagaimana hadits yang berbunyi, “Setahuku, tak ada makhluk Allah SWT lebih merdu suaranya daripada Isrofil.”

Allah SWT berfirman, “Demi keagungan-Ku jika hamba-hamba-Ku tahu keagungan-Ku, niscaya mereka tidak akan menyembah selain-Ku.”

Ketiga adalah suara Nabi Daud AS yang disebutkan jika pada hari kiamat nanti Allah SWT memerintahkan para malaikat menyiapkan sebuah mimbar. Mimbar itu akan dipergunakan Nabi Daud untuk mengagungkan nama Allah SWT dengan suara indahnya. 

Imam Ibnu Katsir dalam bukunya Kisah Para Nabi mengatakan jika Allah SWT menganugerahkan suara indah kepada Nabi Daud as, dan tidak kepada siapapun. Suara indahnya membuat burung-burung bertasbih sebagaimana yang diucapkan Nabi Daud saat membaca Kitab Zabur.

Dari Wahab bin Munabih mengatakan, “Apabila ada makhluk Allah SWT yang mendengar suaranya, maka mereka akan melompat-lompat seperti gerakan menari. Kemudian apabila ia melantunkan kitab suci Zabur dengan suara indahnya itu, maka bangsa jin, manusia, burung, hewan melata, atau apapun juga yang mendengarkannya akan berhenti bahkan di antara mereka ada yang mati karena kelaparan.”

Baca Juga : Benarkah Rasulullah SAW Mengetahui Hal Gaib? Surat Ini Jadi Kuncinya

Saat diperintahkan Allah SWT menaiki mimbar, maka Nabi Daud akan mengeluarkan suaranya dan membuat penghuni surga terkesima. Allah SWT berfirman, “Wahai Daud, agungkanlah aku sekarang juga dengan suaramu yang merdu itu.” Nabi Daud berkata, “Ya Allah SWT, bagaimana aku dapat mengagungkan-Mj. Sementara diri-Mu telah mencabut suara indahku di dunia?”

Allah SWT berfirman, “Aku telah mengembalikan suara indahmu kepadamu.”

Suara indah ke empat tentunya adalah suara Allah SWT. Diantara ke tiga suara yang disebutkan di atas, maka suara Allah SWT akan jauh lebih agung dan lebih merdu. Suara merdu Allah SWT akan memberikan kenikmatan bagi para penghuni surga. 

Allah SWT berfirman, "Batang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan di dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan," (QS Al-Imran: 185).

Topik
kisah inspiratif

Berita Lainnya