Debu Vulkanis Gunung Semeru Landa Tiga Kecamatan, BPBD Siapkan Pos Pegungsi | Nganjuk TIMES

Debu Vulkanis Gunung Semeru Landa Tiga Kecamatan, BPBD Siapkan Pos Pegungsi

Dec 01, 2020 08:29
Lava pijar Gunung Semeri tadi malam (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Lava pijar Gunung Semeri tadi malam (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Letusan Vulkanis Gunung Semeru menyebabkan abu vulkanis terasa sampai di Kecamatan Pronojiwo, Candipuro dan sebagian Pasirian. Bahkan hampir lebih dari 2 Ribu warga yang berada di lereng Semeru mulai meninggalkan rumah di beberapa titik, mulai dari Piket Nol, Gunung Sawur dan dI Kantor Desa.

Wawan Hadi, dari Kantor BPBD Lumajang mengatakan, pagi ini pihaknya akan mengumpulkan para pengungi di Kamar Kajang desa Sumberwuluh Desa Candipuro, karena khawatir aktivitas Gunung Semeru meningkat dan jumlah pengungsi terus bertambah.

Baca Juga : Jasa Nikah Siri Surabaya Melayani Wilayah Jawa Timur Lengkap dengan Surat Nikah Siri

 

"Akibat debu vulkanis yang cukup tebal, dampakna memang terasa sampai di beberapa desa di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pronojiwo, Candipuro dan sebagian Pasirian," kata Wawan Hadi.

Sementara itu informasi dari warga desa Di Kecamatan Pronojiwo menyebutkan, akibat debu vulkanis yang menutupi sebagian kawasan di Pronojiwo menyebabkan masyarakat sanga sulit untuk mencari rumput karena sebagian besar dedaunan dan rumput mulai tertutup  debu Vulkanis Semeru.

"Cukup tebal debunya, ini warga sulit mendapatkan pakan sapi. Karena sebagian besar dedaunan tertutup oleh debu vulkanis Semeru," kata Tien, salah seorang warga di lereng Semeru di Kecamatan Pronojiwo.

Selain debu vulkanis Semeru yang mulai dirasakan warga, letupan lava pijar juga terasa lebih besar dari biasanya. Lava pijar ini meluncur cukup juah dari puncak Semeru, namun menurut warga masih cukup aman dari pemukiman masyarakat.

"Kalau debunya memang sampai kesini, tapi untuk lava pijarnya masih ada disekitaan puncak," kata warga lainnya di Pronojiwo.

Baca Juga : Tebing Longsor di Doko Blitar Sempat Putus Akses Jalan Desa

 

Sementara itu Hanafi warga Sumberwuluh yang sekarang ikut memantau aktivitas warga mengatakan, sebagian lava panas sudah mulai sampai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Semeru, khususnya di Besuk Kobo'an.

"Kalau di Besuk Kobo'an, sudah ada alat berat milik penambang pasir yang tertimbun material lava. Kalau saya lihat berasap. Jik turun hujan, maka akan jadi lahar dingin di DAS Semeru di daerah bawah," kata Hanafi.

Topik
debu vulkanik Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Lumajang Pronojiwo Lumajang Kabupaten Lumajang

Berita Lainnya