Mama Ratna sedang merawat syafa yang mulai membaik.
Mama Ratna sedang merawat syafa yang mulai membaik.

Bocah perempuan berusia 5 tahun yang menderita kanker tulang, Syafa Shakila Ahzana telah kembali menjalani perawatan. Warga Jalan Lawu RT 68 RW 12 Desa Kincang Wetan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun itu kini ditangani di RS dr Sarjito Yogyakarta.

Orang tua Syafa, Eko Agus Tohanto dan Ratna Susilowati menuturkan bahwa kondisi putrinya sudah membaik. "Tanggal 13 November lalu Syafa sudah pulang setelah dibawa RS Dr Sarjito Yogyakarta untuk menjalani perawatan," ujar Ratna.

Baca Juga : Pecahkan Rekor, Lonjakan Positif Covid-19 di Jember Tembus 60 Orang Sehari

"Saya dan suami terus berusaha untuk mendampingi dia, semoga segera sembuh. Kami tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada segenap donatur yang sudah memberikan bantuan luar biasa untuk kesembuhan anak saya," tuturnya saat ditemui MadiunTIMES, Rabu (18/11/2020).

Kisah Syafa yang begitu pilu dan menyayat hati sebelumnya telah diulas oleh MadiunTIMES. Bocah kecil bertalenta melukis itu telah kehilangan keceriaan sejak kanker tulang menggerogoti tangannya.

Kepedulian masyarakat pun mengalir pada Syafa. Para donatur yang sudah membantu meringankan beban biaya pengobatan Syafa di antaranya dari BAZ Kabupaten Madiun, LazizMu, Nurul Hayat, pihak desa dan juga dari Ruang Pasien.

Terpisah, Direktur Yayasan Sosial Ruang Pasien Yuni Rahayu menuturkan bahwa pihaknya dipertemukan dengan Syafa melalui Komunitas Anti Kemiskinan di Madiun. Meski berbasis di Surabaya, Ruang Pasien tetap bisa membatu Syafa setelah mendapat informasi akurat.

"Insya Allah walaupun Ruang Pasien belum mempunyai rumah singgah di Yogyakarta, dan adik Syafa saat itu itu dirujuk ke RSUD Sardjito Yogyakarta, kami tetap fokus upayakan membantunya. Karena memang sakitnya tumor tulang yang sudah stadium 3 dan kondisi perekonomian keluarganya yang memprihatinkan, memang layak dibantu," jelas Bu Ayu, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Gudang Produksi Tekstil di Ngawi Ludes Terbakar

Dia menambahkan bahwa Yayasan Sosial Ruang Pasien bekerja sama dengan jaringan di Madiun tetap membantu pendampingan bagi Syafa. Yakni pendampingan selama proses pengobatan ke rumah sakit, transportasi, pengantaran dari dan ke rumah sakit, serta membantu kebutuhan penunjangnya seperti susu, vitamin dan rawat luka.

"Insya Allah Ruang Pasien juga tersinergi dengan kitabisa.com membantu agar pasien-pasien dhuafa dampingan Ruang Pasien bisa diupayakan lebih maksimal. Karena memang concern dari Ruang Pasien adalah membantu maksimal dalam ikhtiar kesembuhan pasien," pungkasnya.