Film sejarah Nabi Muhammad SAW Muhammad: The Last Prophet (Foto: YouTube)
Film sejarah Nabi Muhammad SAW Muhammad: The Last Prophet (Foto: YouTube)

MALANGTIMES - Kamis (29/10/2020) seluruh umat Islam tengah merayakan Maulid Nabi. Maulid Nabi merupakan momentum umat Islam memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.  

Muhammad merupakan Nabi dan rasul terakhir utusan Allah SWT. Sosoknya pun tentu menjadi suri tauladan.  

Baca Juga : 10 Platform Streaming Game Online Terbaik yang Wajib Kamu Coba

 

Berbagai hal mengenai Muhammad juga tertulis dalam ayat Al-Qur'an. Bahkan, seiring perkembangan zaman kisahnya pun kerap didokumentasikan dalam bentuk visual.  

Sempat menuai pro kontra, serta kekhawatiran akan menjadi salah tafsir, rupanya tak membuat beberapa rumah produksi film berhenti memproduksi film tersebut.

Berikut tiga rekomendasi film tentang sejarah Nabi Muhammad SAW yang bisa ditonton di layanan streaming legal.  

1. Muhammad: The Messenger of God (2015)

Film Muhammad: The Messenger of God ini disebut meraup biaya produksi yang fantastis hingga 40 juta dollar AS atau senilai Rp 588 miliar.

Film ini berlatar pada abad keenam saat Muhammad masih kecil hingga tumbuh remaja. Film ini sempat mendapat protes karena menampilkan beberapa bagian fisik sang Nabi.

Hingga akhirnya film tersebut memutuskan untuk menggantinya dengan visual cahaya putih. Film ini disutradarai oleh Majidi yang bekerja sama dengan sejarahwan dan arkeolog demi memperoleh keakuratan mengenai kehidupan Nabi.  

Bahkan, sang produser juga menggarap kisah tersebut dalam bentuk trilogi. Yakni pertama fokus pada masa remaja Nabi hingga usia 40 tahun, kedua tentang kehidupan Nabi setelah usia 40 tahun dan ketiga mengenai perjalanannya menjadi Nabi.

Video : Muhammad: The Messenger of God (Trailer @ CPH:DOX 2015)

2. Muhammad: The Last Prophet (2002)

Rekomendasi film mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW ialah Muhammad: The Last Prophet. Film ini tayang dengan menggunakan format animasi karya dari sutradara Richard Rich.

Muhammad: The Last Prophet berkisah tentang kehidupan Nabi dan perjalanannya dalam menyebarkan agama Islam. Film ini diproduksi oleh Bard Internasional dan terbagi menjadi tiga seri.  

Baca Juga : Sinetron Era 80-an "Losmen" Bakal Diangkat ke Layar Lebar

 

Yakni Before the Light (kisah kakek Nabi Muhammad), Salman the Persians (Salman mencari hidayah) dan Great Woman of Islam (peran wanita saat munculnya Islam).

Diceritakan pula peristiwa seperti perang Badar, perang Uhud, pertempuran Palung dan penaklukan Mekkah. Kala itu sebelum tayang, film ini sudah mendapatkan persetujuan dari Dewan Al-Azhar Al-Shareef (Akademi Riset Islam di Mesir) dan Dewan Syiah Islam Tertinggi Lebanon.

Video : Muhammad the Last Prophet Short Trailer

3. The Meesage (1976)

The Meesage merupakan film lawas tentang sejarah Nabi Muhammad SAW lantaran tayang pada 1976. Film yang disutradarai Moustapha Akkad ini menceritakan tentang sejarah awal munculnya penyebaran agama Islam.

Kisah awal di film ini adalah saat Muhammad mendapatkan wahyu pertama dari malaikat Jibril agar melakukan dakwah. Muhammad pun lantas melakukan dakwah dengan menyebarkan agama Islam ke seluruh penjuru Kota Mekkah.  

Hingga akhirnya sebagian besar masyarakat berpindah agama memeluk Islam. Perjalanan Muhammad pun terus berlanjut sampai hijrah ke Madinah dan kembali ke Arab Saudi.  

Namun, dakwah sang Nabi mendapat kecaman serta mendatangkan musuh yang mengusik dirinya dan kawan-kawannya. Film ini bahkan tercatat masuk dalam nominasi penghargaan Oscar (1977) sebagai Best Original Score for the music by Maurice Jarre.

The Message, Film Nabi Muhammad Diputar Saat Lebaran | Portal Berita Bisnis  Wisata
Foto: PlanetDP