Wawali Kota Madiun Inda Raya saat mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda secara Virtual.
Wawali Kota Madiun Inda Raya saat mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda secara Virtual.

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 pada tahun ini yang jatuh pada hari Rabu (28/10/2020) berbeda dengan tahun sebelumnya. Di masa pandemi Covid-19 yang masih menjadi momok ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda secara virtual.

Nampak hadir dalam acara Sumpah Pemuda yang dilakukan secara virtual itu Wakil WalikKota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri bersama Sekda Kota Madiun Rusdiyanto, Kepala OPD dan semua jajaran pimpinan bertempat di Gedung GCIO Kota Madiun.

Baca Juga : Cegah Covid-19 di Masa Libur Panjang, Pjs Bupati Blitar Pimpin Patroli di Tempat Wisata

Peringatan Sumpah Pemuda ke-92 tahun ini dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo. Dalam sambutannya, Jokowi menuturkan, bahwa semangat Sumpah Pemuda yang berlangsung 92 tahun lalu membawa energi positif untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk menyatukan perbedaan untuk kepentingan dan tujuan bersama," tuturnya.

Ditemuai seusai mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda, Inda Raya menjelaskan, Hari Sumpah Pemuda merupakan cermin perjuangan para pemuda dan pemudi 92 tahun yang lalu dengan gigih bersatu melawan penjajah.

"Ini menjadi momentum yang tepat untuk membangkitkan semangat para pemuda di era sekarang dalam menjaga jiwa nasionalismenya agar semakin cinta tanah air," tuturnya.

Inda Raya juga mengajak para pemuda-pemudi, khususnya di Kota Madiun, untuk berperan aktif mengembangkan potensi dan berkontribusi positif dalam peningkatan mutu perekonomian, sosial dan lainnya.

“Jadikan Kota Madiun kebanggaan kita bersama. Jadilah pemuda yang berperan, jangan baperan. Tidak ada sumbangsih yang terlalu kecil, jadi berkaryalah. Jangan nglokro, tetap semangat dan selalu hargai perbedaan,” tambahnya.

Baca Juga : Ciptakan Aplikasi Digital Khusus Sampah, Plt Bupati Apresiasi Pemuda Jember

Pada peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, pemerintah juga meresmikan Stasiun TVRI di Papua Barat. Harapannya, infrastruktur ini dapat memudahkan masyarakat memperoleh informasi dari berbagai wilayah di Indonesia.