Salat (Foto:  inilahbanten.co.id)
Salat (Foto: inilahbanten.co.id)

Dalam Islam salat lima waktu wajib untuk dilakukan. Salat sendiri merupakan ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW untuk diikuti oleh para umatnya.  

Kala itu di Bulan Rajab sebagai bulan mulia yang identik dengan peristiwa besar dalam Islam. Yakni Isra' dan Mi'raj.  

Baca Juga : Jejak Larangan, Altar Dansa Zaman Belanda di Hilir Sungai Song Tulungagung

 

Di peristiwa itulah, Rasulullah mendapatkan perintah langsung dari Allah SWT untuk menjalankan salat lima waktu. Ibadah salat ini merupakan ibadah yang sangat istimewa lantaran melalui pertemuan langsung, tidak melalui wahyu.  

Seperti diketahui, Nabi Muhammad SAW diajarkan salat pertama kali oleh Malaikat Jibril. Lantas dimanakah lokasi Rasul diajarkan salat pertama kali oleh Malaikat Jibril?

Dipantau melalui tayangan channel YouTube Alman Mulyana, ditunjukkan lokasi Rasul pertama kali salat bersama Malaikat Jibril.  

Lokasi tersebut berada di dekat Hajar Aswad, tepatnya persis di bawah pintu kabah. Saat menuju menuju lokasi, Alman harus menempuh perjalanan yang cukup sulit lantaran ada ribuan jamaah yang tengah melakukan tawaf.  

Mereka berlomba-lomba untuk bisa menyentuh bahkan mencium Ka'bah. Tak hanya itu, beberapa jamaah juga melakukan ibadah salat di depan Ka'bah.  

Terdengar suara para jamaah yang memohon doa dan memohon ampun kepada Allah SWT sembari menyentuh dan mencium kabah. Hingga akhirnya, Alman pun berhasil mengambil gambar tempat Malaikat Jibril mengajarkan salat Rasulullah pertama kali.  

Tampak di video itu pada bagian Syadzarwan (pondasi kabah) dekat pintu Kabah ditandai dengan beberapa batu marmer warna cokelat. Tempat itulah yang diyakini sebagai tempat Malaikat Jibril mengajarkan Rasul tata cara salat dan wudu.

Baca Juga : Disebut Kali Larangan, Sungai Song Tulungagung Ini Dikenal Angker, Begini Jejaknya

 

Dilansir melalui muslimobsession, kala itu Malaikat Jibril datang kepada Rasul yang berada di atas gunung Makkah.  

Lantas Jibril mengajari rasul dengan memberi isyarat melalui tumitnya di lembah. Dari lembah itulah memancarlah mata air dan Jibril memperlihatkan bagaimana tata cara berwudu.  

Rasul lantas menirukan Jibril untuk berwudu. Setelah itu, Jibril berdiri mengajarkan salat yang diikuti oleh Rasulullah.  

Selesai diajarkan salat oleh Jibril, Rasul bergegas pulang menemui sang istri Siti Khadijah dan memperlihatkan kepadanya cara bersuci untuk salat seperti yang diajarkan Jibril. Khadijah pun mengikuti arahan Rasul dan diajarkannya salat. 

VIDEO : LOKASI SAAT MALAIKAT JIBRIL MENGAJARKAN SHOLAT NABI MUHAMMAD SAW