Rapat Koordinasi Reforma Agraria
Rapat Koordinasi Reforma Agraria

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang, Surya Tjandra melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, tepatnya di Kota Malang. Dia mengumpulkan semua kepala BPN (Badan Pertanahan Nasional) se Jawa Timur. 

Kehadiran Surya Tjandra ini juga dibarengi dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Khofifah tiba di sana sekitar pukul 20.00 WIB, Rabu (2/9) malam. 

Baca Juga : BLT Bagi Pelaku UKM Masih Dibuka, Kota Malang Baru 2,2 Ribu UKM yang Daftar

 

Ditemui usai acara, Surya Tjandra menyampaikan kehadirannya di Jatim untuk silaturahmi sekaligus menyapa semua kepala BPN yang ada di Jatim. 

"Kita punya banyak tugas dalam kerja detail dan di Jatim banyak rencana skala nasional yang harus dikembangkan," tuturnya.

Dia melanjutkan, ini bagian dari bagaimana pembangunan yang dibayangkan pusat. "Ini klop dengan aspirasi daerah," bebernya. 

Kemudian, pihaknya juga ingin memastikan agar bermanfaat untuk masyarakatnya. "Yang ketiga, ruang membereskan masalah, konflik dan lainnya," lanjut Surya Tjandra.

Ditanya terkait inovasi di tengah pandemi Covid, Tjandra menjawab sedang dalam proses. "Kalau dalam konteks bentuk mesin delivery. Emang baru ciptakan mesin dulu," tuturnya. 

Baca Juga : Konflik Tanah Adat di Indonesia Makin Panas, Kementrian Sebut Masih Proses Diskusi

 

Dia menjelaskan mesin ini tugasnya adalah membuat, melaksanakan, mencari prototype rupa-rupa. "Kita mencari model yang kita tes di lapangan dan itu belum ada. Karena memang relatif baru 2018 Menteri ART dibentuk nasional," jelas politisi PSI ini. 

Tjandra menambahkan, mesin paling realistis baru bisa dinilai setelah dua tahun itu prototype dicoba. "Eksekusi nanti menteri berikutnya. Bisa relatif gampang siapa yang butuh tanah. Itu tak susah carinya," imbuh dia.