Rektor Uniba Solo buka baju saat demo. (Foto: Tribunnews)
Rektor Uniba Solo buka baju saat demo. (Foto: Tribunnews)

Aksi mengejutkan mendadak dilakukan Rektor Universitas Islam Batik (Uniba) Solo, Jawa Tengah, Pramono Hadi.  Pramono  ikut turun melakukan aksi demo bersama mahasiwa di halaman kampus Uniba pada Selasa (30/6/2020).

Aksi demo itu dilakukan lantaran para mahasiswa menuntut transparansi pengelolaan Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik Solo.  

Baca Juga : Pengakuan Siti Aminah, Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan: Pak Kades Menolong seperti Bidan

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa Uniba terlihat membentangkan sejumlah spanduk. Isinya antara lain bertuliskan "Civitas Akademika Bersatu Meruntuhkan Kezaliman” dan “Hentikan Liberalisasi dan Komersialisasi Pendidikan oleh Yayasan”.  

Ikut Demo Bareng Mahasiswa, Rektor Uniba Solo Lepas Baju dan ...
Foto: Kompas.com

Namun, siapa sangka di tengah aksi demo, sang rektor melakukan aksi copot baju dan menyatakan mundur dari jabatannya.  "Saya menyatakan mundur hari ini. Mohon nanti ada tanda tangannya supaya jelas dan secara legal formalnya," ujar Pramono.  

Lebih lanjut Pramono menyatakan aksinya itu disaksikan oleh para alumni, mahasiswa, dosen, dan juga karyawan.  

Menurut Pramono, pengelolaan kampus Uniba hingga tahun 2020 ini masih diintervensi oleh pihak yayasan.   "Masih diintervensi dari yayasan sehingga kami tak bisa menjalankan sebagaimana fungsinya," ucap dia.  

Pramono tidak sendiri. Pernyataan pengunduran diri itu juga dilakukan wakil rektor.  

Baca Juga : Aksi Demo Mahasiswa Papua di Perempatan Rajabali, 4 Arah Jalan Sempat Ditutup 3 Jam

Lebih lanjut, Pramono mengatakan selama ini pihak yayasan mengintervensi berbagai kebijakan kampus.  

Dalam orasinya, Pramono lantas berjanji akan terus memperjuangkan segala aspirasi mahasiswa dan civitas akademi Uniba. Baik dalam anggaran, bebaskan KKN dari yayasan, tidak ada  intervensi, dan lainnya.