Pengunjung Tiba-Tiba Tergeletak di Mapolres Ngawi, Petugas Evakuasi sesuai SOP Covid-19 | Nganjuk TIMES

Pengunjung Tiba-Tiba Tergeletak di Mapolres Ngawi, Petugas Evakuasi sesuai SOP Covid-19

Apr 16, 2020 18:38
Simulasi penanganan pasien covid-19 oleh Polres Ngawi, Kamis pagi (16/04 /2020). (Foto:Istimewa)
Simulasi penanganan pasien covid-19 oleh Polres Ngawi, Kamis pagi (16/04 /2020). (Foto:Istimewa)

Seorang pengunjung  tiba-tiba jatuh tergeletak di halaman Mapolres Ngawi, Kamis (16/4/2020). Belum diketahui penyebab jatuhnya pria yang mengendarai sepeda motor itu.

Namun,  petugas  Klinik Urdokes Polres Ngawi dengan sigap memberikan pertolongan. Para petugas itu mengenakan alat pelindung diri atau APD. Mereka juga mengamankan lokasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan serta menghubungi tim Public Safety Centre (PSC) Dinas Kesehatan Ngawi.

Kejadian itu merupakan simulasi penanganan kasus covid-19 sesuai standar operational procedure (SOP). Simulasi evakuasi dengan SOP covid-19 ini dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Dalam simulasi, orang itu diskenariokan meninggal. Sesuai SOP covid-19, pasien dievakuasi dengan memakai kantong jenazah dan menggunakan ambulans khusus.

Kegiatan simulasi ini dipimpin kabagops dan kasat sabhara. Pemateri kegiatan dari tim Dinkes Ngawi. Sedangkan peserta kegiatan dari bagsumda, sat sabhara, satlantas, sipropam, dan urkes dengan jumlah 23 personel.

Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto meyampaikan, selain praktik penanganan korban diduga terpapar covid-19, sejumlah polisi yang bertugas di lapangan diimbau tidak tergesa-gesa dalam mengambil tindakan pertolongan terhadap pasien yang diduga terpapar covid-19.

Demikian juga aspek keamanan terhadap frontliner yang terlibat dalam penanganan covid-19. "Harus benar-benar safety dari paparan virus ini," ujar kapolres.

Kegiatan simulasi tersebut berlangsung mulai pukul 10:30 WIB  hingga 14:00 WIB.

Topik
NGAWI BERITA NGAWI Berita Hari Ini Pengunjung tergeletak Evakuasi sesuai SOP Covid19 Public Safety Centre Dinas Kesehatan Ngawi Mapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto

Berita Lainnya