Dipicu Hujan Es, Pohon Tumbang Tutup Jalan dan Sebabkan Listrik Padam | Nganjuk TIMES

Dipicu Hujan Es, Pohon Tumbang Tutup Jalan dan Sebabkan Listrik Padam

Apr 16, 2020 18:25
Petugas saat berupaya mengevakuasi pohon tumbang. (Foto : Polsek Wagir for MalangTIMES)
Petugas saat berupaya mengevakuasi pohon tumbang. (Foto : Polsek Wagir for MalangTIMES)

Hujan lebat disertai embusan angin kencang kembali menyebabkan musibah di Kabupaten Malang. Sore tadi (Kamis 16/4/2020), pohon di pinggir  menuju Kecamatan Wagir, tepatnya di belakang Pabrik Gula Kebonagung , Pakisaji, tumbang.

”Pohon tumbang disebabkan angin kencang yang disertai hujan es (curah hujan tinggi),” kata Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang Mudji Utomo.

Sore sekitar pukul 14.30 WIB, di beberapa titik di Kabupaten Malang, termasuk Kecamatan Wagir, terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Tidak lama kemudian, hujan deras tersebut memicu terjadinya angin kencang.

Dampaknya, pohon setinggi 20 meter dengan diameter sekitar 50 sentimeter di belakang Pabrik Gula Kebonagung tumbang. Robohnya pohon tersebut juga sempat menimpa teras ruko.

”Tumbangnya pohon ini juga menyebabkan jaringan listrik serta saluran pipa air milik Pabrik (Gula) Kebonagung rusak. Selain itu, kabel Telkom terputus sesaat setelah tertimpa pohon tumbang,” ungkap Utomo.

Hingga berita ini ditulis, petugas gabungan dari Polsek Pakisaji, PLN, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), PMI Kabupaten Malang,  PG Kebonagung, Indihome, perangkat desa, dan dibantu warga setempat sedang berupaya mengevakuasi pohon tumbang yang menutup akses jalan tersebut.

”Informasi sementara, musibah pohon tumbang ini tidak sampai menelan korban jiwa. Kerugian masih dalam tahap pendataan petugas,” ucap Utomo.

Selain di kawasan Kecamatan Wagir, beberapa titik di Kabupaten Malang juga mengalami musibah pohon tumbang. Salah satunya terjadi di Desa Sutojayan, Kecamatan Pakisaji.

Terpantau, sedikitnya ada tiga pohon yang tumbang di kawasan Sutojayan. Hingga menjelang petang, beberapa warga dan petugas gabungan berhasil mengevakuasi pohon yang sempat menutup akses jalan di Desa Sutojayan.

Namun, akibat pohon tumbang menimpa jaringan listrik milik PLN, beberapa kawasan di Kabupaten Malang, termasuk di Kecamatan Pakisaji dan Kepanjen, terpantau sempat terjadi pemadaman sekitar satu jam. ”Petugas sampai saat ini masih melakukan assesment di lokasi kejadian,” tutup Utomo.

 

Topik
Malang Berita Malang Berita Hari Ini Hujan Es Pohon Tumbang Tutup Jalan Listrik Padam belakang Pabrik Gula Kebonagung Palang Merah Indonesia Kabupaten Malang

Berita Lainnya