Awalnya Isolasi Mandiri, 4 Pasien Positif Ditarik Lagi Pemkab Jombang ke RS | Nganjuk TIMES

Awalnya Isolasi Mandiri, 4 Pasien Positif Ditarik Lagi Pemkab Jombang ke RS

Apr 16, 2020 17:58
Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19 Kabupaten Jombang saat diwawancarai sejumlah wartawan. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES/
Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19 Kabupaten Jombang saat diwawancarai sejumlah wartawan. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES/

Sebanyak 4 pasien positif covid-19 di Kabupaten Jombang yang menjalani isolasi mandiri di rumah kembali ditarik ke rumah sakit (RS). Keputusan yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang ini sebagai upaya untuk memutus rantai penularan virus covid-19.

Dari keterangan pers yang disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno, hingga saat ini ada 7 kasus positif di kota santri ini.

6 pasien menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Jombang, sedangkan 1 pasien dirawat di RS Adi Husada, Surabaya.

"Untuk 7 orang terkonfirmasi positif dapat kami sampaikan, 6 MRS di rumah sakit dan 1 dirawat di RS Adi Husada, Surabaya," ungkap Budi pada keterangan persnya, Kamis (16/4/2020).

Dari 7 pasien itu, sebelumnya ada 4 pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah setelah dinyatakan positif covid-19 oleh Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19 Kabupaten Jombang.

Yakni, perempuan berusia 55 tahun asal Kecamatan Jombang yang menjadi pasien positif pertama yang dirilis oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab pada (30/3/2020) lalu. Karena kondisinya sehat, ia diminta menjalani isolasi mandiri di rumah sembari menunggu swab kedua keluar. Ia masuk dalam klaster luar negeri karena pulang dari umroh.

Kemudian, pria berusia 50-60 tahun asal Kecamatan Jombang yang merupakan pasien ketiga dan dinyatakan positif covid-19 (10/4/2020). Ia merupakan pasien yang masuk klaster Sukolilo, Surabaya, setelah pulang dari pelatihan petugas haji.

Karena kondisinya sehat, ia diminta menjalani isolasi mandiri di rumah. 

Selanjutnya, pasien keempat berjenis kelamin perempuan berusia 42 tahun juga menjalani isolasi di rumah. Warga Kecamatan Diwek ini, dinyatakan terjangkit covid-19 dari hasil swab pada (12/4/2020) kemarin. Wanita yang sehari-hari bertugas sebagai ASN tenaga medis di Kabupaten Kediri ini, diminta isolasi di rumah karena kondisinya cukup baik.

Pasien positif keenam juga diminta menjalani isolasi di rumah setelah dinyatakan positif covid-19 pada (14/4/2020). Masuk klaster Sukolilo, Surabaya, pria berusia 53 tahun asal Kecamatan Diwek ini pun kondisinya sehat secara klinis.

Ternyata, setelah dinyatakan positif dan diisolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing. Pemkab Jombang kembali membawa para pasien positif covid-19 itu untuk dirawat di rumah sakit.

"Seluruh pasien positif covid-19  yang menjalani isolasi mandiri saat ini sudah berada di ruang isolasi RSUD Jombang guna menjalani perawatan," ujar Budi.

Disinggung alasan pemindahan itu, Budi menyampaikan, pasien kembali ditarik ke ruang perawatan untuk pencegahan penularan covid-19. 

"Pertimbangannya perintah Kepala Daerah agar tidak terjadi penyebaran. Selain itu juga agar mudah perawatannya dan pemantauannya," terangnya.

Sementara, dua pasien positif covid-19 lainnya sudah terlebih dahulu menjalani isolasi di RSUD Jombang. Mereka adalah pasien positif covid-19 kedua yakni perempuan berusia 51 tahun asal Kecamatan Ploso. Pasien ini masuk dalam klaster Bekasi. 

Kemudian pasien positif covid-19 kelima juga dirawat di RSUD Jombang tanpa menjalani isolasi mandiri di rumah sebelumnya. Ia masuk ke RSUD Jombang sejak (3/4/2020) karena merasa sesak nafas dan hasil rapid test menyatakan positif covid-19.

Sedangkan satu pasien positif covid-19 lainnya dirawat di RS Adi Husada, Surabaya. Pasien ini merupakan pasien ketujuh yang dinyatakan positif melalui hasil swab pada (13/4/2020). Dia dirawat di rumah sakit di Surabaya lantaran penyakit bawaan yang lama diidapnya. 

 

Topik
Jombang berita jombang Berita Hari Ini covid19 di indonesia update covid19 di jombang Isolasi Mandiri 4 Pasien Positif Jombang RSUD Jombang Pemkab Jombang Juru bicaca covid19 jombang Budi Winarno

Berita Lainnya