Di Lempeni, Karang Taruna Keliling Desa Bagi Masker dan Semprot Disinfektan | Nganjuk TIMES

Di Lempeni, Karang Taruna Keliling Desa Bagi Masker dan Semprot Disinfektan

Apr 11, 2020 08:43
Aktivitas karang taruna desa Lempeni ditengah merebaknya virus Corona (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Aktivitas karang taruna desa Lempeni ditengah merebaknya virus Corona (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Di Desa Lempeni Kecamatan Tempeh Lumajang, Karang Taruna (Karta) setempat terus melakukan sosialisai untuk guna mencegah penyebaran virus corona di desa setempat.

Karta setempat berkeliling desa mensosialisasikan budaya hidup sehat, jaga jarak,dan sebisa mungkin warga diminta tetap berada dirumah untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Tidak hanya itu, dalam sepekan terakhir ini, Karta setempat juga membagikan masker kepada warga, melakukan penyeprotan disinfektan kerumah-rumah warga, sampai kepada kandang ternak, guna menciptakan lingkungan yang sehat dan benar-benar bebas dari virus Corona.

"Karang taruna kami bersama perangkat desa lainnya sebelumnya sudah keliling desa sosialisasi soal bagaimana hidup bersih agar terhindar dari corona," kata Kepala Desa Lempeni Kecamatan Tempeh, Lumajang, Reza Firman Eldiansah kepada awak media akhir pekan ini.

Selain sosialisasi hidup bersih, karta juga intens memberikan edukasi kepada warga desa untuk sadar diri melapor ke RT/RW jika ada warga yang datang dari daerah zona merah corona.

"Langkah-langkah pencegahan terus kami lakukan di desa kami bersama karang taruna, kemarin kami juga tiga hari keliling desa lakukan penyemprotan," imbuh kepala desa yang kartanya tergabung dalam Heppiii Community.

Karta setempat juga secara aktif meminta perantau yang pulang kampung untuk melakukan pengecekan kesehatan ke Polindes.

"Jika ada keluhan berlanjut kami bawa ke puskesmas," papar Kades yang membawahi 1500-an Kepala Keluarga (KK). 

Hingga saat ini desanya masih bersih dari paparan corona, terlebih penyemprotan ke rumah warga juga intensif dilakukan.

Menurutnya warga sangat antusias sekali, bahkan banyak yang meminta penyemprotan ke tempat yang digunakan sebagai pusat aktivitas, pintu, gerbang, serta interior rumah lainnya yang banyak digunakan untuk aktivitas atau banyak disentuh warga.

"Kami juga semprot kandang ternak, karena di kandang ternak ini kan banyak aktivitas warga," ungkapnya.

Karta dan petugas desa juga semangat karena antusiasme warga sangat tinggi. Bahkan mereka berencana akan melakukan penyemprotan ulang pekan depan. Sekitar 1.000 masker juga siap dibagikan kepada masyarakat, disamping yang sudah diserahkan sejak sepekan kemarin.

Koordinator Heppiii Community Lumajang Miftachul Arif menyambut baik peran aktif desa khususnya karta yang tergabung dalam Heppiii Community di Lumajang dalam mencegah Corona dengan berbagai kegiatan. Menurutnya warga di desa punya peran penting pencegahan Corona agar wabah ini tak masuk ke desa-desa.

Pihaknya juga berharap agar kegiatan pencegahan bisa dilakukan oleh karta lainnya, dengan demikian wabah ini bisa segera mereda.

Topik
lumajang Berita Lumajang Berita Hari Ini covid19 di indonesia upaya pencegahan covid19 Karang Taruna Desa Lempeni Bagikan Masker Semprot Disinfektan Koordinator Heppiii Community Lumajang Miftachul Arif

Berita Lainnya