Siaga Darurat Corona, ASN di Kota Malang Tak Libur | Nganjuk TIMES

Siaga Darurat Corona, ASN di Kota Malang Tak Libur

Mar 16, 2020 14:27
Ilustrasi aparatur sipil negara (ASN) (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES
Ilustrasi aparatur sipil negara (ASN) (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES

Siaga darurat Corona membuat pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan. Salah satunya adalah kebijakan diperbolehkannya Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja di rumah dan tak harus pergi ke kantor.

Kebijakan itu pun kemudian dilaksanakan di beberapa daerah. Sementara untuk Kota Malang, kebijakan memperbolehkan ASN bekerja dari rumah tidak dilaksanakan. Sehingga, ASN tetap wajib ngantor seperti biasanya.

"Kami tidak lakukan itu kecuali ada libur nasional," kata Wali Kota Malang Sutiaji, Senin (16/3/2020).

Sutiaji menyampaikan jika ia telah berkonsultasi dengan KemenPAN-RB berkaitan dengan kebijakan tersebut. Sehingga, diambil keputusan agar aktivitas ASN dilaksanakan secara normal seperti biasa.

Dia juga menegaskan jika sejauh ini hanya kebijakan libur sekolah/ belajar di rumah yang sudah dijalankan. Sesuai dengan arahan yang ada, siswa dan siswi di Kota Malang akan diliburkan selama 14 hari. Karena masa inkubasi berlangsung sekitar 14 hari.

Dia pun berharap agar masyarakat tak panik dengan kebijakan yang diambil tersebut. Pasalnya, kebijakan diambil sebagai bentuk mencegah penyebaran virus Corona. Selain itu masyarakat agar beraktivitas secara normal dan tetap menjaga kesehatan.

Lebih jauh pria berkacamata itu mengusulkan agar pemerintah memastikan proses pencegahan secara lebih spesifik. Diantaranya seperti menutup akses dan kegiatan masyarakat seperti yang dilakukan di berbagai negara.

"Semisal diliburkan dua minggu atau satu bulan. Tapi dengan catatan negara harus hadir dan menjamin segala pangan dan kebutuhan masyarakat. Jadi sudah selesai," imbuhnya.

Karena saat ini, meski sekolah diliburkan, menurutnya pertemuan yang melibatkan banyak orang masih terjadi. Diantaranya seperti pusat keramaian hingga tempat hiburan yang masih memungkinkan adanya penularan virus Corona.

"Kalau memang aktivitasnya mati, maka bisa dilakukan dalam skala waktu yang jelas," terang suami Widayati Sutiaji itu.

 

Topik
Malang Berita Malang Siaga darurat Corona Mulai Menyerang Aparatur Sipil Negara Wali Kota Malang Sutiaji penyebaran Virus Corona

Berita Lainnya