Pastikan Sekolah Galakkan Cuci Tangan, Sutiaji Siap Keliling | Nganjuk TIMES

Pastikan Sekolah Galakkan Cuci Tangan, Sutiaji Siap Keliling

Mar 15, 2020 13:44
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Meluasnya penyebaran virus corona atau covid-19 di Indonesia membuat beberapa daerah mengeluarkan kebijakan baru. Jakarta, Surabaya, Semarang, Solo, kemudian Bandung mengambil langkah antisipasi dengan menutup akses kegiatan yang melibatkan banyak massa.

Langkah yang diambil Pemerintah Kota Bandung, misalnya,  meliburkan sekolah dengan memberlakukan pembelajaran bagi semua unsur pendidikan secara jarak jauh melalui media daring serta menutup area publik seperti kawasan alun-alun kota.

Lain dengan Pemerintah Kota Bandung, di Kota Malang upaya pencegahan virus corona belum pada pemberlakuan hal serupa. Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengambil langkah preventif lainnya dengan mengimbau setiap sekolah untuk menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui gerakan cuci tangan.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, langkah penerapan PHBS di setiap sekolah bakal dipantau. Rencananya, besok (Senin, 16/3) pihaknya akan mulai berkeliling ke beberapa sekolah untuk memastikan hal itu.

"Kami akan lakukan terus-menerus pemantauan. Sekolah-sekolah, insya Allah besok kami akan keliling (memantau gerakan cuci tangan)," ujarnya, Minggu (15/3).

Sutiaji  bahkan meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang untuk memberikan instruksi kepada setiap sekolah. Yaitu, dengan menyediakan alat-alat yang berkaitan dengan PHBS sebagai upaya pencegahan covid-19.

"Kami minta kepada Dinas Pendidikan. baik tingkat kota maupun provinsi yang menanungi SMA/SMK, agar menggalakkan gerakan cuci tangan. Sekolah harus menyiapkan alat-alat terkait dengan bagaimana hidup bersih dan sehat," imbuhnya.

Tak hanya di setiap sekolah. Wali kota juga mengimbau tempat-tempat keramaian seperti mal turut menyediakan peralatan kesehatan. Ia juga meminta masyarakat turut andil dalam upaya pencegahan virus corona ini dengan melaporkan tempat-tempat yang tak menyediakan kebutuhan kesehatan. 

"Tempat lain seperti mal-mal coba saya nanti dikasih informasi. Mana-mana yang belum melakukan SOP (standart operational procedure) itu (ketersediaan cuci tangan dan lainnya), maka bisa sampaikan kepada Pemerintah Kota Malang dan akan kami lakukan penertiban," tandas Sutiaji.

Topik
Malang Berita Malang berita malang hari ini Sekolah Galakkan Cuci Tangan penyebaran Virus Corona corona di indonesia Pemkot Malang perilaku hidup bersih dan sehat Wali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya