DPUPRPKP Benahi Avur dan Aspal Terkelupas Akibat Genangan di Bandulan | Nganjuk TIMES

DPUPRPKP Benahi Avur dan Aspal Terkelupas Akibat Genangan di Bandulan

Mar 03, 2020 13:54
Petugas DPUPRPKP  tengah melakukan perbaikan jalan aspal yang mengelupas di Jalan Bandulan. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Petugas DPUPRPKP tengah melakukan perbaikan jalan aspal yang mengelupas di Jalan Bandulan. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang melakukan inspeksi di kawasan Bandulan, Kelurahan Sukun, Kota Malang. Dipimpin langsung Kepala DPUPRPKP Hadi Santoso, DPUPRPKP melihat kondisi aspal yang terkelupas kurang lebih sepanjang lima meter akibat terkena genangan air.

Genangan air tersebut muncul akibat tidak adanya afur pada saluran drainase di sekitar kawasan tersebut. Tidak adanya afur lantaran di kawasan tersebut semua saluran tertutup oleh cor. Akibatnya, air hujan tak bisa mengalir  ke saluran drainase dan justru menggenangi jalan.

Jika air hujan menggenang dalam waktu yang cukup lama di atas aspal, maka lama-kelamaan aspal tersebut akan larut. Ditambah dengan dilewati kendaraan truk besar, semakin cepat pengelupasan aspal.

Sifat air memang mampu memecah molekul aspal dan mengubah bentuknya menjadi lebih kecil. Sehingga daya rekat aspal pun menjadi berkurang. Makanya, tak jarang masyarakat sering melihat kerikil-kerikil kecil di jalanan beraspal yang menjadi lokasi genangan air.

"Sekuat apa pun aspal, jika tergenang air, kemudian terus dilewati, tentu lama-lama aspal tersebut akan tergerus dan terkelupas," jelas Hadi (3/3/2020).

Saat ini DPUPRPKP melakukan penanganan sementara. Caranya melakukan pembuatan afur dengan ukuran yang cukup untuk aliran air hujan menuju saluran drainase.

"Kami imbau, masyarakat jika memang ingin dibuatkan afur, kami bisa. Masyarakat mohon ajukan permohonan ke Dinas PU. Kami upayakan segera tindak lanjuti," ungkap Soni, panggilan Hadi Santoso.

Selain pembuatan afur, aspal yang terkelupas juga langsung ditangani pihak DPUPRPKP. Petugas menambal aspal yang mengelupas sekitar lima meter dengan lebar tiga meteran tersebut.

Di sepanjang Jalan Bandulan sendiri juga tampak terpantau beberapa bagian aspal rusak karena genangan air dan air yang mengalir melalui aspal saat hujan turun.

Topik
Malang Berita Malang malang hari ini Perbaikan Aspal di Bandulan Kepala DPUPRPKP Hadi Santoso DPUPRPKP Malang Benahi Afur dan Aspal

Berita Lainnya