Wisata TNBTS Dikembangkan, Ini Kata Bupati Soal PAD Lumajang | Nganjuk TIMES

Wisata TNBTS Dikembangkan, Ini Kata Bupati Soal PAD Lumajang

Sep 06, 2019 16:35
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika mengunjungi Ranu Pane pekan lalu  (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika mengunjungi Ranu Pane pekan lalu (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Ketika wisata di kawasan sekitar Taman Nasional Bromo Tengger  Semeru (TNBTS) benar-benar berhasil dikembangkan, salah satu targetnya adalah meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Namun ketika pertanyaan ini disampaikan kepada Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, masalah PAD disebutnya bukan merupakan target utama, setidaknya pada awal pengembangan kawasan wisata TNBTS tersebut.

"Yang penting berkembang dulu, masyarakat terlibat dan mendapatkan keuntungan dari sektor pariwisata, soal PAD nanti bisa kita rumuskan kemudian dan hal itu kolektiv dengan pihak TNBTS," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq.

Menurutnya, yang paling penting adalah menjadikan kawasan wisata sekitar TNBTS sebagai tujuan wisata baru di Lumajang dan menjadi pemantik bagi kawasan wisata lainnya di Lumajang.

"Wisatawan harus nyaman dalam berbagai aspek. Sarana jalannya nyaman, fasilitasnya bagus, sumberdaya manusianya bagus, dan ada efek ekonomi bagi masyarakat, itu dulu yang terpenting," tegas Bupati Lumajang.

Ketika seluruh aspek sudah terpenuhi, kemudian wisatawan mau datang dalam jumlah yang besar, maka PAD dengan sendirinya akan masuk ke Pemkab Lumajang dengan tata kelola yang baik.

"Intinya pariwisata kita harus berdampak secara ekonomis dulu kepada masyarakat sekitar, karena menurut saya ukuran keberhasilannya adalah keterlibatan masyarakat setempat untuk memperoleh manfaat dari apa yang kita usahakan. Ini target kita," ujarnya kemudian.

Topik
lumajang Berita Lumajang Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq Taman Nasional Bromo Tengger Semeru wisata di lumajang Ranu Pane wisatawan TNBTS Pendapatan Asli Daerah

Berita Lainnya