Dewan Pertanyakan Retribusi Parkir, Wali Kota Sutiaji : Sistem Kerjasama Antara Pemkot dan Jukir Belum Jelas | Nganjuk TIMES

Dewan Pertanyakan Retribusi Parkir, Wali Kota Sutiaji : Sistem Kerjasama Antara Pemkot dan Jukir Belum Jelas

Jun 17, 2019 21:49
Ilustrasi kendaraan yang parkir di salah satu pinggir jalan Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Ilustrasi kendaraan yang parkir di salah satu pinggir jalan Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Persoalan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) di sektor retribusi parkir di Kota Malang dinilai rendah oleh anggota DPRD.

Lantaran dari target retribusi senilai Rp 51, 4 miliar hanya terealisasi Rp 50,5 miliar.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, retribusi parkir yang masih dinilai rendah tersebut salah satunya berkaitan dengan sistem bagi keuntungan antara pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dengan juru parkir (jukir).

"Soal retribusi parkir yang masih rendah salah satunya karena sistem pemungutan yang melibatkan masyarakat atau jukir belum jelas pembagian haknya," ujar dia saat memberikan pernyataan dalam Rapat Paripurna di Kantor DPRD Kota Malang (Senin, 17/6).

Sutiaji menambahkan, saat ini pihaknya juga telah menyiapkan solusi untuk meningkatkan pendapatan di sektor retribusi parkir tersebut. 

Yaitu dengan melakukan perekrutan jukir yang melibatkan Badan Usaha Milih Daerah (BUMD).

"Ke depan itu bisa masuk di BUMD atau BLUD (Badan Layanan Umum Daerah). Tapi BLUD itu masih tanda petik saya, karena itu nanti masih harus melakukan rekrutmen tenaga parkir. Yang bisa mengambil tenaga parkir itu kan krn mereka sudah jadi BUMD," imbuhnya.

Tak hanya itu, dengan sistem ini nantinya para jukir juga akan mendapatkan gaji sesuai Upah Minimum Kota (UMK). 

"Iya, mereka akan digaji sesuai UMK dan dia nantu akan mendapatkan asuransi tenaga kerja," ungkap dia.

Politisi Demokrat ini juga memiliki target permasalahan retribusi parkir bakal terselesaikan maksimal pada tahun 2023 mendatang.

"Kita targetkan selesai di akhir masa jabatan kami Sutiaji - Edi pada 2023 nanti. Kekurangan itu kita ingin semuanya bisa tuntas," pungkas dia.

Topik
Retribusi Parkir Wali Kota Malang Sutiaji Pemerintah Kota Malang Parkir di kota malang

Berita Lainnya