Sekda Kota Malang Adu Stamina Bareng Cewek-Cewek | Nganjuk TIMES

Sekda Kota Malang Adu Stamina Bareng Cewek-Cewek

Mar 16, 2018 10:59
Sekda Kota Malang Wasto dan Dandim 0833 Letkol Inf Nurul Yakin  bersama komunitas lari menuntaskan rute 5K (Iim Hardian/MalangTIMES)
Sekda Kota Malang Wasto dan Dandim 0833 Letkol Inf Nurul Yakin bersama komunitas lari menuntaskan rute 5K (Iim Hardian/MalangTIMES)

Gebyar Malang Marathon 2018 mulai dipanasi. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto mengajak jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan para komunitas lari untuk mencoba trek sekitar lima kilometer, Jumat (16/3/2018) pagi.

Mereka mengambil start dan finis di Balai Kota Malang. Dengan memakai baju olahraga, terlihat Dandim 0833 Kota Malang Letkol Nurul Yakin, sejumlah pejabat pemkot, camat, lurah, anggota satpol PP dan dishub mengikuti lari jarak menengah itu.

Ada pula 13 komunitas lari yang ambil bagian. Antara lain RGO, BRC, PETE, Freeletics, Mantra, Maker, Batu Runners, LJ Runners, Andhaka cakti Runner, Alap2 Runner, RMR, Pashkas Runner, dan Trail Seekers. Mereka merupakan bagian dari Kolamara (Komunitas Lari Malang Raya). Banyak pelari cewek di antara mereka.

Sekda Kota Malang Wasto sebelum dimulainya acara mengatakan bahwa kegiatan lari itu untuk menyambut ajang Malang Marathon 2018. Jalur yang dilewati adalah start Balai Kota Malang, Stasiun Kota Baru, jembatan Brantas, Jalan Aries Munandar, Alun-Alun, Jl H Agus Salim, Splendid dan finis di Taman Rekreasi Kota (Tarekot).

"Jadi, ini awalnya karena saya senang lari dan dua hari lalu saya hubungi secara spontan para komunitas lari ini lewat Whatsapp. Saya tidak mengira kalau responsnya sebagus ini. Selain itu, saya share ke grup OPD agar bisa mengikuti acara ini," ungkap Wasto kepada MalangTIMES.

Sebelumnya, Wasto memang gemar berolahraga lari. Namun ia tidak tergabung di komunitas lari. "Di Malang ini saking banyaknya komunitas lari, akhirnya diberi wadah yang bernama Komunitas Lari Malang Raya (Kolamara). Nanti di balai kota akan saya bentuk Komunitas Lari Balai Kota (KLB). Sekarang sudah mulai saya semarakkan," katanya.

Senada dengan Wasto, Dandim 0833 Letkol Inf Nurul Yakin mengakui Kolamara ini wadah untuk orang yang gemar berolahraga lari. Dia berharap komunitas tersebut dapat terus tumbuh.

"Awal saya datang ke Malang, komunitas lari ini masih terpisah. Akhirnya saya punya inisiatif untuk mengumpulkan dan membentuk satu komunitas yang diberi nama Kolamara. Dengan ini, kami tidak sendiri. Jadi, kegiatan ini sebagai pemacu dan virus untuk menukarkan kepada masyarakat agar dapat menerapkan pola hidup sehat. Lewat kegiatan ini juga, akan bisa lebih guyub dan bersama-sama," ungkapnya.

Saat acara berlangsung, para peserta sangat antusias mengikuti. Terlihat Wasto dan Nurul Yakin memimpin lari dan disusul oleh anggota satpol PP serta Kolamara. Tak lupa, senyum ramah selalu diberikan kepada masyarakat yang kebetulan berkendara dan melihat aktivitas tersebut.

Wasto membuktikan dirinya sudah terbiasa berlari. Dia tak berhenti meski jarak tempuh lumayan jauh. "Saya memang terbiasa lari. Tapi dengan adanya teman-teman komunitas lari, jadi lebih semangat," ucapnya.

Saat rute sudah ditempuh separo jalan, para anggota komunitas lari sedikit demi sedikit menyalip jajaran OPD. Maklum, mereka juga secara rutin melakukan aktivitas itu.

Sekda yang berambut klimis itu terlihat tidak berhenti sama sekali saat menempuh jalur yang sudah ditentukan. Begitu pula para peserta yang sebagian besar wanita. Walaupun kecepatannya berkurang, mereka tetap bersemangat sampai garis finis.

Sesampainya di Tarekot, Wasto tak lantas berhenti begitu saja. Dia langsung ikut senam bersama ibu-ibu. Napas yang masih tetap terjaga terlihat mengiringi setiap gerakan yang dilakukan.

Ke depan, Wasto berharap peserta lari lebih banyak lagi, tak terkecuali OPD Pemkot Malang. "Selain ini test case untuk selanjutnya, juga untuk mengawali agar ada virus positif yang menyebar. Karena dengan lari, fisik akan kuat dan mendukung untuk melakukan aktivitas selanjutnga," pungkas Wasto. (*)

Topik
Berita Malang Sekda kota malang Gebyar Malang Marathon 2018

Berita Lainnya