Kuasa Hukum: La Nyalla Mangkir Karena Tunggu Keputusan Praperaadilan | Nganjuk TIMES

Kuasa Hukum: La Nyalla Mangkir Karena Tunggu Keputusan Praperaadilan

Mar 28, 2016 20:21
La Nyalla Mattalitti (Foto: Liputan6)
La Nyalla Mattalitti (Foto: Liputan6)

Mangkirnya atas pemanggilan tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah Kadin Jatim, La Nyalla Mattalitti oleh penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Timur karena menunggu keputusan prapredilan.

 “Klien saya tidak akan memenuhi panggilan Kejati, karena sedang mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Surabaya,” tegas kuasa hukum La Nyalla Mahmud Mattaliti, Ahmad Riyadh, di Surabaya, Senin (28/3/2016).

Jika dalam praperadilan yang digelar Rabu (30/3/2016) memang ditolak atau dimenangkan Kejati. Maka kliennya, pasti akan mematuhi prosedur hukum yang berlaku.

Upaya hukum tersebut untuk menguji keabsahan uji materi penetapan kliennya sebagai tersangka terkait kasus dana hibah Kadin Jatim tahun 2012. Jika La Nyalla datang ke Kejaksaan sama halnya mementahkan dari praperadilan yang diajukannya sendiri.

Riyadh meminta waktu kepada Kejati Jatim agar memenuhi aturan hukum berdasarkan KUHAP. Surat panggilan yang dilayangkan terhadap kliennya juga menyalahi asas kepatutan dalam Pasal 227 dan 228 KUHAP.

"Surat panggilan pertama dengan kedua jeda waktunya belum ada tiga hari. Karena surat panggilan kedua itu bersamaan dengan waktu klien saya adalah jadwal pemeriksaan. Sehingga ini melanggar asas kepatutan dalam aturan KUHAP," ujar dia. (*)

Topik
La Nyalla Korupsi Kejaksaan Tinggi Jatim

Berita Lainnya